Siap-siap, Mataram Akan Banjir Tamu

MATARAM – Kota Mataram akan kebanjiran tamu saat  berlangsungnya MTQ Nasional XXVI 27 Juli – 7 Agustus mendatang. Diprediksi, akan ada ribuan tamu yang datang dan menginap di Mataram. Para peserta berasal dari seluruh provinsi se Indonesia.

Saat ini sudah ada hotel yang menginformasikan full booking, baik itu hotel berbintang maupun biasa.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Mataram H. Abdul Latif Najib mengatakan, sejumlah hotel di Mataram sudah penuh. “ Sejak awal bulan Juni sudah full booking, baik untuk kegiatan MTQ, Hari Anak dan lain-lain,” ungkapnya kepada Radar Lombok kemarin.

Saat ini jumlah kamar yang tersedia dari 118 hotel bintang dan non bintang yang ada hanya sekitar 4.300 kamar. Untuk menampung para tamu, masih kurang sekitar 5.700 kamar.  Ia mengaku berkoodinasi dengan panitia untuk mengarahkan para tamu ke Lombok Barat, KLU atau Lombok Tengah.

Dikatakan Latif, secara umum hotel-hotel di Mataram siap menghadapi event akbar ini. Sebagian bahkan telah menyiapkan layanan khusus untuk para tamu mulai dari spanduk selamat datang hingga layanan paket promo.

Karena yang akan berlangsung adalah kegiatan keagamaan, pihak hotel juga bersiap dengan layanan diantaranya kamar Islami dimana penunjuk arah kiblat dan mushaf Al-Qur’an tersedia. Makanan dan minuman halal juga tersedia.” Kita minta hotel-hotel memberikan pelayanan terbaik pada tamu. Ini sebagai bentuk pencitraan Kota Mataram,” pungkasnya.(dir)