Siak akan Adopsi Program Unggulan Pemkab Lotim

TERIMA : Bupati Lotim HM. Sukiman Azmy saat menerima kunjungan Bupati Siak bersama rombongan.

SELONG – Rombongan Pemkab Siak Provinsi Riau datang ke Lombok Timur untuk belajar sejumlah program unggulan Pemkab Lotim kemarin. Mereka terutama belajar soal program Lotim Berkembang termasuk juga keberhasilan Pemkab Lotim dalam menekan kasus stunting.  Pemkab Siak akan mengadopsi berbagai program Lotim.

Rombongan Pemkab Siak dipimpin langsung Bupati Siak, H. Alfedri. Mereka diterima oleh Bupati HM. Sukiman Azmy, Wakil Bupati H. Rumaksi dan sejumlah pimpinan OPD bertempat di ruang rapat kerja bupati.

Bupati dan Wakil Bupati Lotim menjelaskan berbagai kebijakan dan program sebagai upaya menyelesaikan sejumlah persoalan di daerah ini.” Berbagai keberhasilan yang telah dicapai Pemkab Lotim tak lepas karena hasil kerja sama seluruh OPD dan komitmen bersama elemen lainnya,” kata Sukiman.

Berbagai upaya yang telah dilakukan itu salah satunya kerja keras Pemkab Lotim untuk  menurunkan angka gagal tumbuh melalui program cegah stunting bersama masyarakat (Canting Mas) Go Green. Melalui program tersebut kini  angka kasus stunting di Lotim terus mengalami penurunan.” Bahkan Tim Penggerak PKK Lotim setiap Jumat pagi bersama OPD dan organisasi wanita lainnya turun ke desa-desa memotivasi masyarakat turut menyumbang keberhasilan program penurunan angka gagal tumbuh,” tutup Sukiman.

BACA JUGA :  Menteri Desa Apresiasi Kinerja Sukimen-Rumaksi

Sementara itu Wakil Bupati H. Rumaksi menjelaskan terkait keberhasilan program Lotim Berkembang yang selama ini telah mampu membangkitkan ekonomi masyarakat. Dijelaskannya, program ini bertujuan untuk mencegah masyarakat Lotim dari jeratan rentenir dengan bunga yang besar. Keberhasilan Lotim Berkembang ini pun mendapat apresiasi dari pemerintah pusat dan provinsi.” Bahkan program ini pun juga diadopsi oleh Pemprov,” kata Rumaksi.

Lebih lanjut disampaikan,  program Lotim Berkembang yang kini menjadi program unggulan Tim Percepataan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Lotim diharapkan dapat mengubah prilaku dan pola pikir masyarakat tersebut diharapkan berhasil mengurangi angka kemiskinan di daerah ini. Bahkan kini sudah ada ribuan kelompok ternak sapi yang telah tersentuh program ini.

BACA JUGA :  Mantan Kades Banjarsari Lotim Akui Pakai Dana Desa untuk Keperluan Pribadi

Sementara itu Bupati Siak, H. Alfedri mengatakan salah satu agenda kunjungan ke Lotim adalah belajar berbagai capaian yang telah di raih oleh daerah ini. Diantaranya yang menarik perhatian adalah keberhasilan Pemkab Lotim menjalankan program Lotim Berkembang. Melalui program ini masyarakat terutama peternak diberikan pinjam KUR dengan subsidi bunga yang dianggarkan dari APBD dengan nilai mencapai angka Rp 6 miliar.” Begitu juga dengan keberhasilan Pemkab Lotim yang telah mampu menekan angka stunting. Berbagai program dan keberhasilan ini kita harapkan bisa kita terapkan di Kabupaten Siak,” tandasnya.(lie/adv)