Siaga Pengamanan MotoGP, Polda NTB Gelar Tactical Floor Game

Kepolisian Daerah Nusa Tenggra Barat menggelar Tactical Floor Game (TFG) untuk memantapkan strategi pengamanan saat MotoGP Mandalika. (IST/RADAR LOMBOK)

MATARAM–Kepolisian Daerah Nusa Tenggra Barat menggelar Tactical Floor Game (TFG) untuk memantapkan strategi pengamanan saat MotoGP Mandalika 18-20 Maret 2022.

Gelaran TFG yang dihadiri para perwira pengendali lapangan ini merupakan rangkaian dari Latihan Pra Operasi Mandalika II Rinjani 2022 yang dibuka oleh Wakapolda NTB, Brigjen Pol Drs Ruslan Aspan SIK di Hotel Aruna Senggigi, Sabtu (12/3/2022).

Dalam sambutannya, Wakapolda menyampaikan bahwa acara yang digelar ini ialah wujud keseriusan Polri agar personel yang terlibat dalam operasi kepolisian ini memiliki kemampuan dan keterampilan yang memadai untuk mendukung operasi kepolisian Mandalika II Rinjani 2022 dalam rangka pengamanan race MotoGP di Sirkuit Mandalika.

BACA JUGA :  Kalender MotoGP 2022 Dirilis: Balap di Sirkuit Mandalika 20 Maret

“Latpraops ini juga untuk menyatukan persepsi personel yang ditugaskan dalam operasi sehingga diharapkan terciptanya cara bertindak yang tepat sesuai sasaran yang terlah ditentukan,” katanya dalam rilis resmi Polda NTB yang diterima Radar Lombok.

Menurutnya, event race MotoGP tahun 2022 yang segera digelar ini akan dihadiri begitu banyak pelaku ekonomi sehingga berpengaruh pada ekonomi Indonesia dan khususnya masyarakat di provinsi NTB terutama di sektor pariwisata.

Wakapolda menekankan agar para personel yang terlibat operasi kepolisian ini dapat mengantisipasi sedini mungkin segala potensi kerawanan yang dimungkinkan terjadi.

“Hal ini merupakan bentuk pertarungan kita. Bahwa Polda NTB harus mampu mengamankan event internasional sehingga nantinya membawa nama baik bangsa Indonesia di mata dunia,” tegasnya.

BACA JUGA :  24 Pembalap MotoGP Siap Jajal Sirkuit Mandalika Pekan Depan

Maka itu dia berharap agar para personel Polri di NTB benar-benar siap dan dapat memprediksi masalah-masalah yang akan muncul sehingga risiko kegagalan operasi Mandalika 2022 dapat ditekan seminimal mungkin.

“Yang paling penting dalam pelaksanaan pengamanan MotoGP nanti, berjalan dengan baik sesuai dengan apa yang sudah direncanakan dan dipersiapkan,” lanjut dia.

Pada kesempatan itu dia juga berpesan agar para personel tetap menerapkan protokol kesehatan covid-19 saat bertugas di lapangan nanti dan selalu mengingatkan hal tersebut kepada masyarakat. (RL)