Setelah Debat, PKB Tambah Yakin PAS Menang

Danang Ari Sukra (AHMAD YANI/RADAR LOMBOK)

MATARAM-PKB tambah yakin, Lale Prayatni-Sumum (PAS) akan memenangkan Pilkada Lombok Tengah (Loteng) 9 Desember mendatang. Keyakinan bertambah setelah memukaunya penampilan PAS pada debat pertama, Sabtu (7/11) lalu. “Kami cukup puas dengan penampilan PAS di debat pertama,” kata Ketua Tim Pilkada DPW PKB NTB Danang Ari Sukra saat ditemui di Kantor DPRD NTB, Senin (9/11) kemarin.

Menurutnya, PAS tampil elegan, cerdas, dan penuh solusi terhadap berbagai persoalan masyarakat. Rekam jejak PAS sebagai birokrat dan teknokrat berpengalaman, membuatnya mampu mengurai secara detail terhadap aspek persoalan yang dihadapi masyarakat. Misalnya, bagaimana kasus stunting relatif masih tinggi sehingga diperlukan kebijakan komprehensif dan terpadu dalam penanganan. Begitu juga pemberian izin ritel modern yang berpotensi mengancam UMKM, sehingga diperlukan kebijakan yang berpihak kepada UMKM. Di antaranya dengan mewajibkan ritel-ritel modern mengakomodir produk UMKM sehingga ada simbiosis mutualisme. “Ritel modern juga bisa membina para UMKM sehingga para UMKM bisa berdaya dan produk pun bisa diserap di pasar,” ucapnya.

Selain itu, PAS juga menjadi satu-satunya keterwakilan gender di Pilkada Loteng. Itu jadi keunggulan tersendiri. “Potensi pemilih perempuan cukup besar. Ini potensi digarap maksimal oleh pasangan PAS,” terangnya.

Pada debat berikutnya, PAS akan mempersiapkan diri lebih maksimal sehingga swing voter atau pemilih yang belum menentukan pilihan bisa memilih PAS.

Adapun hasil evaluasi di internal, mesin politik dan relawan dinilai sudah bekerja rapi, terstruktur, dan masif. Untuk hasil survei internal, ada persaingan ketat antara PAS dan petahana Lalu Pathul Bahri-M. Nursiah di posisi teratas. Di sisa waktu sebulan ini, pihaknya akan mengerahkan semua potensi yang ada untuk memenangkan pilkada. “Pasangan PAS punya berbagai potensi dan kekuatan yang akan diefektifkan untuk menang,” pungkasnya. (yan)