Serius Maju Pilkada Lotim, Zaini Pilih Pensiun Dini

M Zaini (Janwari Irwan/Radar Lombok)

SELONG–M Zaini salah satu staf ahli Bupati Lombok Timur memilih mundur dengan mengajukan pensiun dini sebagai Aparatur Sipil Negera (ASN).

Pengunduran diri Zaini dipicu keinginannya maju di pemilihan kepala daerah (pilkada) Lombok Timur mendatang. Dia pun telah menyerahkan surat permohonan pensiun dini ke Badan Kepegawaian dan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Lombok Timur belum lama ini. ”Ya benar, saya sudah mengajukan pengunduran dir sebagai ASN. Biar saya bisa bebas bersosialisasai,”katanya.

Zaini mengatakan, pensiun dini sebagai ASN sudah direncanakan sejak lama. Menurutnya, seorang yang ingin maju di kancah politik seperti pilkada tapi masih terikat sebagai ASN tidak bisa leluasa bersosialiasi karena masih terikat dengan aturan yang ada. Agar sosialisasi dirinya lebih masif, maka keputusan pengunduran diri sebagaai ASN itu diambilnya. Dengan begitu, maka masyarakat akan lebih mengenal dirinya. Menurutnya, untuk maju di pilkada maka sosialisasi diri tidak bisa dilakukan secara instan atau dilakukan saat pilkada mau digelar. ”Jadi alasan saya mundur ini agar saya bisa mencalonkan diri dalam pilkada besok.
Saya lebih baik kalah, tetapi kedekatan batin saya bersama masyarakat sudah terkondisikan,”ujarnya.

Dalam mensosialisasikan dirinya tambah Zaini, dia tidak berbicara pilkada akan dilakukan tahun 2022 atau kapan. Intinya katanya, dirinya akan terus melakukan sosilasisasi ke masyarakat agar lebih banyak yang kenal. Jangan malah turun saat mau pilkada digelar. ” Bagi saya,semakin jauh jaraknya, maka kesempatan saya untuk sosialisasi makin banyak,”katanya.

Tidak saja bersosialisasi, Zaini sudah mulai memperhitungkan pesaing-pesaingnya di pilkada mendatang. Dia menunjuk tiga nama yang layak diperhitungkan yakni
H Khairul Warisin yang merupakan wakil bupati peridoe 2013-2018. Yang kedua H Rumaksi wakil bupati saat ini dan Lutfi wakil bupati periode 2008-2013. Kemudian yang perlu diperhitungkan juga, yaitu para Anggota DPRD yang kemungkinan ada yang maju dalam pilkada mendatang. ” Intinya sekarang, saya sudah mengajukan pengunduran diri sebagai ASN,”ujar Zaini.(wan)