Serapan Anggaran Covid-19 Lotim Diklaim Paling Tinggi

H. Hasni (M. Gazali/Radar Lombok)

SELONG – Serapan anggaran penanganan  Covid-19  di Lombok Timur sampai dengan triwulan ketiga tahun ini terbaik dibandingkan dengan semua kabupaten/ kota yang ada di NTB. Bahkan hal tersebut juga disampaikan  Pemrov NTB saat video conference  dengan Kementerian Ekonomi Jumat lalu.

Tingginya serapan anggaran Covid-19 ini tentunya mendapat apresiasi dari pemerintah pusat. Baik itu berkaitan dengan  perkembangan  realisasi dana untuk kesehatan, ekonomi  maupun penanganan sosial sebagai upaya untuk mengatasi dampak pandemi.” Oleh Pemrov  disebutkan bahwa  Lotim yang terbaik,” kata Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan  Aset Daerah (BPKAD) Lotim, H. Hasni, kemarin.

BACA JUGA :  Pelita Siap Maju Pilkada Loteng

Ia menambahkan, tingginya serapan anggaran Lotim ini  karena dilihat capaian dan realisasi    anggaran penanganan Covid tersebut. Baik itu anggaran yang  bersumber dari dana  transfer umum  maupun dana desa. Untuk dana transfer umum serapannya    mencapai Rp 85 miliar lebih. Begitu halnya dengan dana desa yang dialokasikan untuk penanganan Covid-19 maupun bantuan sosial. Dari Rp 109 miliar yang telah terealisasi sudah mencapai Rp 80 miliar lebih atau sekitar 80 persen.” Total anggaran untuk penanganan Covid-19 di tahun ini baik itu  bersumber dari dana  transfer umum maupun dana desa sebesar Rp 209 miliar. Yang sudah terealisasi sampai dengan sekarang ini sekitar Rp 120 miliar atau sekitar 60 persen,” bebernya.

BACA JUGA :  Lahan Pengganti Lapangan Sengkol tak Dianggarkan

Dari sekitar 40 persen sisa anggaran penanganan Covid-19 ini, diupayakan  semuanya akan terserap sampai dengan triwulan ke empat atau sampai sebelum akhir tahun.  Terutama untuk penanganan ekonomi dan pemulihan sosial.(lie)