Seragam Gratis 99 Persen Sudah Dimanfaatkan Siswa

Seragam Gratis 99 Persen Sudah Dimanfaatkan Siswa
SERAGAM: Inilah salah satu sekolah yang siswanya sudah memanfaatkan seragam gratis yang disebar beberapa bulan lalu. (NASRI/RADAR LOMBOK)

MATARAM—Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kota Mataram sudah memprogramkan seragam gratis bagi peserta didik tingkat dasar. Terdapat sekitar 14.800-an seragam yang sudah dibagikan ke semua sekolah jenjang SD dan SMP.

“Dari jumlah itu setara dengan 99 persen. Sedangkan 1 persennya masih belum bisa terdeteksi di beberapa sekolah swasta karena masih mendata siswa baru,” ungkap Kabid Pembinaan Pendidikan Dasar (Dikdas) Dinas Dikbud Kota Mataram H. Lalu Muhammad Sidik, Selasa (8/8).

Seragam gratis berupa 1 stel putih-biru untuk jenjang SMP dan putih-merah untuk jenjang SD sampai bulan kedua ajaran baru terdapat sudah 99 persen siswa yang menggunakan seragam itu. Adapun seragam gratis itu merupakan program Pemerintahan Kota Mataram yang dihibahkan ke SD dan SMP melalui Dikbud Kota Mataram.

Katanya, tujuan program ini tidka lain untuk meringankan beban orangtua siswa terhadap pengadaan baju seragam. Program ini disebutnya sudah lama dicanangkan. Namun tahun ini pihak Pemkot berhasil merealisasikannya.

“Tujuan kita untuk meringankan beban orang tua siswa, entah yang kurang mampu maupun yang mampu. Semuanya dapat secara merata,” lanjutnya.

Karen dalam program ini hanya mengkaper satu jenis seragam saja, kedepan diharapkan bisa juga merealisasikan untuk seragam pramuka. Begitu juga pada tahun selanjutnya, bisa mengadakan seragam batik atau ciri khas dari masing-masing sekolah.

Terpisah, Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP/MTs Kota Mataram, H. Lalu Suwarno mengatakan, program seragam gratis tersebut sangat diapresiasi pihaknya. Ini karena seraga merupakan kebutuhan dasar setiap peserta didik.

Suwarno yang juga Kepala SMPN 2 Mataram menyebutkan, program pengadaan seragam gratis tersebut merupakan amal yang sangat tepat diperuntukkan terhadap ribuan siswa yang ada di Kota Mataram. Praktis, pihaknya sangat mendukung, bahkan juga berharap seragam pramuka atau seragam lainnya yang dibutuhkan siswa bisa diadakan juga. (cr-rie)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid