Sepuluh Nama Isi Kursi Pelatih di PPLP NTB

Sepuluh Nama Isi Kursi Pelatih di PPLP NTB
SELEKSI: Tampak saat belasan calon Pelatih PPLP NTB menjajal seleksi kepelatihannya di Kantor Dispora NTB, Senin (27/1) lalu.(NASRI/RADAR LOMBOK)

MATARAM—Belasan calon Pelatih Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar (PPLP) NTB berebut kursi kepelatihan lewat seleksi yang diselenggarakan Dispora NTB. Namun baru-baru ini muncul 10 nama pelatih yang akan mengisi posisi kepelatihan atlet pelajar NTB tersebut.

Kepala Dispora NTB Hj. Husnanidiaty Nurdin mengatakan, untuk pelatih tehnik jumlah 9 orang, sedangkan pelatih fisik 1 orang, semuanya berjumlah 10 orang. Mereka ini terdiri dari Subagyo sebagai Pelatih Cabor Atletik, M. Aria Darmawan, Mariati, dan Libuh Hanapi sebagai Asisten Pelatih Atletik. Kemudian Mardiansyah sebagai Pelatih Cabor Pencak Silat, dan Maryati sebagai asistennya. Cabor Voli Pantai diisi Ni Putu Timi Yudani, Asistennya Surahman Sidik. “Sementara Cabor Taekwondo diisi Irwan Wahyudi Saputra, dan Pelatih fisik diisi oleh Elya Wibawa,” katanya, Kamis (12/3).

Seleksi pelatih ini sebelumnya berlangsung pada akhir Januari 2020 lalu. Setidaknya ada 17 calon pelatih yang mengikuti seleksi. Syarat mengikuti seleksi tersebut, para calon pelatih harus memiliki lisensi kepelatihan. “Ya, 10 nama yang isi kursi kepelatihan PPLP NTB. Satu diantaranya adalah Patih Fisik,” tambahnya.

Dikatakannya, proses seleksi pelatih tehnik PPLP NTB saat itu berlangsung selama tiga hari. Peserta yang mendaftarkan diri ikut seleksi berjumlah sekitar 17 orang. Semua calon Pelatih ini sebagian besar ada yang dari pelatih PPLP NTB sebelumnya, dan ada juga yang baru.

Syarat mengikuti seleksi ini tidaklah gampang. Melainkan semua peserta harus memiliki lisensi kepelatihan. Menurutnya, hal ini juga yang membuat pelatih yang mendaftar terbilang sedikit. Karena pas-pasan dari jumlah yang dibutuhkan. “Harusnya yang daftar saat itu lebih banyak. Biar ada jadi opsi pilihan pelatih,” lanjutnya.

Adapun tim seleksi yang dari pusat yang memberikan mereka soal, ada dua Profesor kepelatihan yang kompetensinya tidak diragukan lagi oleh Nasional. Mereka ini terdiri dari Helmy Firmansyah akademisi Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) dan Iman Sulaiman akademisi Universitas Negeri Jakarta (UNJ). Keduanya dipercaya Kemenpora RI menyeleksi belasan pelatih yang bakal melatih atlet di PPLP NTB.

Sementara tim seleksi lainnya, ada dari Akademisi Lokal, seperti UNDIKMA serta praktisi dari KONI NTB. Semua ini dinilai cukup tepat untuk menyeleksi semua calon pelatih. Bahkan diyakini, hasil kepelatihan sebelumnya akan tertinggal dengan hasil pelatih yang mengikuti seleksi tiga hari kedepan ini. “Ini adalah cara kita evaluasi pelatih setiap tahun. Supaya generasi atlet masa depan NTB makin segar,” tutupnya. (rie)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid