Sepekan, Ada Tiga Kejadian Kebakaran

IST/RADAR LOMBOK F-KEBAKARAN: Petugas Damkar Lobar melakukan upaya pemadaman api di SDN 1 Kuripan saat terjadi kebakaran belum lama ini.

GIRI MENANG- Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Lombok Barat mencatat dalam satu pekan ada tiga kasus kebakaran yang terjadi di Lombok Barat.

Kepala Dinas Damkar Lombok Barat, M. Sahlan mengungkapkan, kebakaran pertama pada bulan puasa terjadi di Dusun Peseng Desa Taman Ayu pada 19 April lalu. Kebakaran terjadi akibat korsleting saat warga sedang melakukan itu salat tarawih.

Kejadian kedua di Desa Suranadi 23 April lalu. Penyebab kebakaran sama, yakni korsleting listrik. Peristiwa terjadi pada malam hari dan membuat korban menderita kerugian hingga puluhan juta rupiah.

Selanjutnya kebakaran terjadi di SDN 1 Kuripan di Desa Kuripan. Ini karena petasan yang dimainkan oleh anak-anak.” Dari catatan kami ada tiga kejadian kebakaran yang terjadi dalam satu pekan ini,” ungkapnya kemarin.

BACA JUGA :  Muammar Arafat Siap Maju Pilkada Lobar

Untuk kejadian kebakaran di SDN 1 Kuripan, pihaknya menerima laporan dari  warga bahwa telah terjadi kebakaran  sebagian atap gedung SDN 1 Kuripan.”Penyebab kebakaran dugaan sementara akibat petasan, tidak ada korban luka atau jiwa dalam kejadian ini,” tegas Sahlan.

Dari data yang ada, pemicu kebakaran yang paling banyak adalah gangguan instalasi listrik. Karena kebanyakan warga belum paham standar kabel, bagaimana memasang, menyambung kabel instalasi. Warga kebanyakan hanya pasang kabel tanpa mempertimbangkan resiko kebakaran. Kadang warga masyarakat memilih yang murah, tanpa memperhatikan kualitas dari instalasi listrik tersebut.”Kami harap warga perhatikan kualitas instalasi listrik,” imbuhnya.

BACA JUGA :  Peringati Isro’ Mi’raj, Lobar Gelar Zikir Akbar

Untuk itu ia mengimbau masyarakat untuk waspada terhadap kondisi-kondisi rawan kejadian kebakaran selama bulan ramadan. Seperti pada saat jelang berbuka, setelah saur dan pada saat ibadah salat tarawih di masjid. Masyarakat diminta tidak lalai terhadap hal-hal yang memicu kebakaran. Karena berdasarkan data, kebanyakan kejadian kebakaran akibat kelalaian. Karena berkaca dari kasus kebakaran di Lobar sampai dengan saat ini, jumlahnya mencapainya 9 kasus.” Ditambahkan tiga kasus baru ini menjadi 12 kasus,” jelasnya.

Ia mengimbau agar masyarakat sadar untuk mencegah kebakaran.(ami)