Sensasi Aik Kalak di Segara Anak Gunung Rinjani

Dikunjungi Kaum Patah Hati hingga Orang Sakti

aik-kalak
SENSASI : Terlihat pengunjung menikmati sensasi berendam di salah satu kolam Aik Kalak. (AZWAR ZAMHURI/RADAR LOMBOK )

Kekayaan Gunung Rinjani bukan hanya keindahannya. Namun juga nilai mistis yang ada di dalamnya. Salah satunya, lokasi pemandian Aik Kalak (Air Panas, red) di dekat danau Segara Anak yang diyakini masyarakat memiliki banyak khasiat.


*AZWAR ZAMHURI – LOMBOK TIMUR*


MALAM cukup gelap. Tenda-tenda telah sepi dari canda dan tawa. Beberapa orang hanya terlihat menikmati kopi sembari menghangatkan tubuh dengan rokok. Itulah suasana di sekitar danau Segara Anak.

Tidak jauh dari itu, ada pemandian Aik Kalak. Pengunjung harus menaiki sedikit bukit, lalu harus turun dengan cukup hati-hati. Beberapa tenda terpasang rapi di pemandian Aik Kalak. Di sana, ada beberapa kolam yang bisa digunakan.

Pada salah satu kolam kecil yang tidak dalam, ada bau dupa sangat menyengat. Keras sekali tercium karena dibakar dan ditaruh tepat di atas sumber air keluar.

Aik Kalak unik sejak dulu. Air yang dikeluarkan cukup hangat. Jumlahnya juga tidak satu. Padahal, di sana juga air biasa cukup deras. Termasuk air Segara Anak yang tidak mengandung unsur hangat.