Senggigi Sepi

Pantai Senggigi tampak sepi karena adanya penyekatan jalan menuju Senggigi. (IST/RADAR LOMBOK)

GIRI MENANG–Sejumlah obyek wisata di seputaran Senggigi, Lombok Barat relatif sepi. Kondisi ini terpantau dari Pantai Kerandangan Desa Senggigi, Pantai Duduk Desa Batulayar Barat, dan Pantai Tanjung Bias Desa Senteluk sejak Kamis (13/5).

Kapolsek Senggigi Kompol Bowo Tri Handoko mengatakan, tidak ada kerumunan pengunjung di tempat wisata tersebut. Pengelola obyek wisata sudah mengetahui dan memahami adanya Surat Edaran Bupati Lombok Barat. “Situasi ini juga didukung dengan dilakukannya penyekatan pada dua lokasi. Yaitu di simpang empat Montong, dan depan Kantor Camat Batulayar,” tandasnya.

BACA JUGA :  Warga Pilih Lebaran Topat di Pantai yang Tak Dijaga Aparat

Pemkab Lombok Barat secara tegas memastikan semua destinasi di daerah ini ditutup saat lebaran. Penutupan ini demi mencegah keramaian dan penularan virus corona.

Dandim 1606WB/Lobar Kolonel Arm. Gunawan mengatakan, pelarangan intinya bertujuan untuk mencegah kerumunan. Kendati demikian, di destinasi wisata bukan tidak mungkin ada masyarakat yang lolos dari pengawasan. Untuk itu, pihaknya juga menyiapkan anggotanya; meminta masyarakat memutar balik agar tak berada di lokasi. “Sudah kami sebar bersama-sama personel dari Polres yang tergelar di seluruh wilayah Kabupaten Lombok Barat khususnya. Dari TNI kami turunkan sekitar 100 orang,” imbuhnya.

BACA JUGA :  Kapolresta Mataram Pastikan Seluruh Lokasi Wisata Ditutup

Ketua DPRD Lombok Barat Hj. Nurhidayah menyatakan, pihaknya mengapresiasi sinergitas antara Pemerintah Kabupaten Lombok barat dengan TNI dan Polri. Sinergi ini penting dalam pengamanan perayaan Idulfitri.

Andai aktivitas masyarakat saat lebaran tanpa pengawasan, ucapnya, bukan tidak mungkin terjadi kerumunan. Namun demikian, pengawasan ini harus tetap dilaksanakan secara manusiawi. (RL)