Senggigi Bisa Dikembangkan Seperti Krabi

KETERANGAN : Bupati Lombok Barat H. Fauzan Khalid saat menyampaikan keterangan di hadapan wartawan tentang pariwisata kemarin (Zul/Radar Lombok)

GIRI MENANG– Krabi Island adalah salah satu kawasan wisata terkenal di Thailand. Belum lama ini Bupati H. Fauzan Khalid ek Thailand dalam rangka menghadiri undangan. Ia pun sempat ke Krabi. Kemarin ia mengatakan Senggigi bisa dikembangkan seperti Krabi.

Fauzan mengatakan Senggigi mirip dengan Senggigi. Bedanya hanya penataan dan keindahan. Dari segi penataan, Krabi dengan pariwisata pantainya lebih bagus, trotoar tertata rapi dan tidak ditemukan pedagang kaki lima yang semerawut. Kemudian dari segi keindahan Senggigi lebih indah ketimbang Krabi. “ Tetapi kalau dari segi pengunjung, Krabi 50 persen lebih banyak dari pada Senggigi,” ungkap Fauzan saat memberikan keterangan pers di Media Center Lobar di dampingi sejumlah Kepala SKPD, Senin (17/10).

Menurut Fauzan, Senggigi bisa dikembangkan seperti Krabi, bahkan lebih baik, karena Sengiggi lebih indah. Dalam mewujudkan itu tentunya, tidak cukup hanya dengan keterlibatan Dinas Pariwisata, melainkan juga SKPD lain.

Lebih lanjut Kepala Dinas Pariwisata Ispan Junaidi mengatakan, Sengigigi sudah berkembang lebih dari 30 tahun. Tetapi masih saja saat ini berhadapan dengan persoalan sampah, PKL yang tidak tertata, area publik yang sangat terbatas dan lainnya.

Konsep pembangunan pariwisata Senggigi tentu ada, bahkan idenya akan ditata mulai dari Meninting. Namun untuk mewujudkan itu semua membutuhkan kerja sama pula dengan SKPD terkait. Misalnya Dinas Koperasi UKM dan Dinas Perindustrian dan Perdangangan Lobar dalam hal penataan PKL. Namun yang terpenting juga kata mantan Kabag Humas dan Protokoler Setda Lobar ini, adalah penguatan komunitas pariwisata. Berkembangnya pariwisata Bali dan Thailand, tidak terlepas dari komunitas pariwisatanya.(zul)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid