Semua Balon Mengklaim Didukung PAN

Calon : Pasangan LAZADHA mengklaim akan mendapat dukungan PAN untuk maju Pilkada Lombok Barat. (Fahmy/Radar Lombok)

GIRI MENANG – Manuver pengurus PAN di Pilkada Lombok Barat membuat partai ini diklaim oleh tiga bakal calon bupati. Ketiganya mengklaim mendapat kendaraan PAN untuk maju di Pilkada mendatang.

Masa pendaftaran calon ke KPU tinggal 46 hari lagi. Semua bakal calon tengah berebut kendaraan. Di Lobar, untuk bisa mendaftar bakal calon harus mengantongi dukungan resmi gabungan parpol dengan jumlah minimal 9 kursi. Di Lobar tidak ada parpol yang bisa mengusung paslon sendirian.

PAN adalah salah satu parpol yang sampai saat ini belum menentukan sikap soal arah dukungannya. Masalahnya, terjadi dinamika yang ketat di internal partai ini. Antara DPC, DPW dan DPP beda kecenderungan arah dukungannya. Sejak awal misalnya, PAN Lobar merapat ke pasangan Nauvar F. Farinduan-Khairatun. Sementara DPW PAN NTB lewat pernyataan ketuanya, H. Muazzim Akbar, menegaskan bahwa sudah hampir pasti PAN mendukung pasangan Hj. Sumiatun-Ibnu Salim. Di DPP sendiri belum ada sikap. Namun dari sejumlah sumber koran ini, PAN kemungkinan besar akan mengarahkan dukungannya ke paket H. Lalu Ahmad Zaini-Hj. Nurul Adha. Partai politik seharusnya sejak awal menentukan sikap untuk menjamin konsolidasi kader berjalan dengan gaik.” Kalau begini modelnya kader yang dirugikan, karena membingungkan,” kata salah satu kader PAN yang tidak mau dikorankan namanya.

Koordinator NTB Politik Research and Consulting (PRC) Basriadi melihat dari hasil pengamatannya, hampir semua paslon ingin mendapatkan PAN karena PAN memposisikan dirinya sebagai penentu.” Hari ini semua calon ini sedang berebut dukungan partai terutama PAN yang menjadi incaran semua calon,” katanya, Rabu (10/7).

Baca Juga :  Pilkada Lotim, Sukma Akan Siapkan 2.540 Lapangan Kerja Pertahun

Basriadi memaparkan, beberapa partai sudah mengarahkan dukungan yaitu PKB dan PKS ke pasangan H. Lalu Ahmad Zaini  dan Hj. Nurul Adha, namun pasangan ini mengklaim akan mendapat PAN juga. Kemudian pasangan Farin dan Khairatun yang baru didukung oleh NasDem. Gerindra yang merupakan partai Farin belum mengeluarkan rekomendasi. Rekomendasi Gerindra masih diperebutkan oleh Farin dan Hj. Nurhidayah yang merupakan ketua DPC partai Gerindra Lombok Barat. ” Sampai saat ini ini semua paslon sudah menerima rekomendasi saja dari PAN,”katanya.

Selanjutnya ada Hj. Sumiatun dan Ibnu Salim yang dimotori oleh Golkar. Sumiatun adalah ketua Golkar Lobar dan direkomendasikan maju oleh partainya. Masalahnya, hingga saat ini Golkar terlihat pasif meskipun sudah mengantongi enam kursi dari Golkar. Sumiatun-Ibnu Saljm mengklaim akan didukung PAN. Jika sampai klaim ini gagal, maka langkah Golkar cukup berat.

Bakal calon lainnya yaitu Hj. Nurhidayah yang sampai saat ini belum memiliki bakal calon wakil. Nurhidayah sendiri mengklaim dirinya sudah mengantongi 10 kursi sebagai syarat untuk maju,” Meskpun begitu, Nurhidayah juga tetap incar PAN, bahkan ia sudah menerima rekomendasi juga dari PAN,”tegasnya.

Namun itu semua masih sebatas klaim sepihak. Dikatakan mantan anggota Bawaslu Lombok Barat ini, kalau sekedar rekomendasi itu masih sifatnya surat tugas.” Jadi saat ini di DPP itu seperti sedang rebutan, hari ini masih surat tugas, belum B1KWK, sehingga masih ada potensi perubahan,”tegasnya.

Baca Juga :  Waspadai Ijon Proyek Jelang Pilkada

Jika melihat dinamika sekarang ini, potensi perubahan itu ada. Sebelumnya ada potensi Pilkada Lobar diikuti oleh empat empat pasangan. Namun dengan dinamika politik yang ada saat ini, Pilkada Lombok Barat bisa diikuti tiga paslon saja. Karena ini waktu masih cukup panjang, masih ada 45 hari sehingga potensi perubahan itu sangat besar sekali.” Bahkan ketika sudah daftar, dan sudah dilakukan verifikasi saja, setelah daftar bisa terjadi perubahan, misalnya jika ada mandat B1KWK. yang dobel atau yang lainnya,”paparnya.

Potensi tiga calon juga bisa terjadi karena ada kandidat yang berusaha menjegal calon lainnya agar tidak dapat kursi.” Karena ada juga kandidat ini yang mencoba saling menggunting kandidat yang lainnya, ini juga terjadi saat ini,”katanya.

Sementara itu paslon lainnya seperti LAZADHA terus memanaskan mesin partai dan dukungan dari semua kalangan, baik kader maupun dukungan tokoh dengan menggelar konsolidasi dan perkuat tim.

PKS Lombok Barat siap menenangkan LAZADHA dalam dingelaran pilkada mendatang. Kader PKS Lombok Barat mulai dari tingkat paling bawah menyatakan ikrar bersama untuk memenangkan pasangan LAZADHA. (ami)

Komentar Anda