Sempat Khawatir Biaya Persalinan, Sunenap Bersyukur Ada JKN-KIS

Sunenap

PRAYA–Dianugerahi seorang anak dalam bahtera rumah tangga adalah berkah yang diberikan oleh Tuhan Yang Maha Esa. Anak adalah pelengkap dalam keluarga, sehingga tak sedikit orang mengeluarkan pundi-pundi uang untuk mendapatkan seorang anak agar dapat melengkapi bahtera rumah tangganya.

Kebahagian memiliki dan melahirkan anak dirasakan salah satu peserta Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) Sunenap (34), warga Kabupaten Lombok Tengah. Kebahagiaannya pun bertambah ketika ia mengetahui semua proses persalinannya ditanggung penuh Program JKN-KIS. “Pada tanggal 13 Februari lalu saya datang ke Puskesmas Bon Jeruk. Saya diperiksa oleh tenaga medis dan kemudian diinfokan tidak bisa melakukan proses persalinan di Puskesmas karena mengalami Pre Eklampsi Berat (PEB) sehingga saya harus dirujuk ke rumah sakit dan keputusan dokter pada saat itu menyatakan bahwa persalinan harus dilakukan secara operasi,” ujar Sunenap mengingat pengalamannya kala itu.

BACA JUGA :  Tak Khawatir Gunakan JKN-KIS, Unimah Mengaku Tak Dibedakan

Lebih lanjut, Sunenap menyampaikan bahwa ia sempat khawatir akan biaya pelayanan kesehatan di mana yang ia tahu biaya untuk operasi membutuhkan biaya besar. “Sempat khawatir akan biaya operasi, karena kata orang-orang, biayanya sangat besar. Namun kecemasan itu hilang karena saya sudah menjadi peserta JKN-KIS dan semua biaya dijamin penuh BPJS Kesehatan,” imbuh Sunenap.

BACA JUGA :  Aplikasi Mobile JKN Mudahkan Pelayanan ke Peserta, Bisa Ubah Faskes Juga

Ia pun mengungkapkan apresiasinya terhadap Program JKN-KIS. “Terima kasih BPJS Kesehatan, berkat program ini, persalinan saya lancar tanpa biaya. Saya sangat bersyukur menjadi peserta JKN-KIS,” tambahnya.

Lebih lanjut Sunenap menceritakan bahwa hingga sampai hari ini pun ia pergi untuk kontrol, tetap ditanggung JKN-KIS. “Kini saya dan suami telah menikmati masa-masa indah menjadi orang tua. JKN-KIS sungguh luar biasa. Semoga program mulia dari pemerintah ini tetap ada di Indonesia karena banyak masyarakat yang telah tertolong karena program ini seperti yang telah saya rasakan,” tutup Sunenap. (dh/ay)

Berita asli dimuat di https://www.jamkesnews.com/jamkesnews/berita/detail/tmn/27351/20210302/sempat-khawatir-biaya-persalinan-sunenap-bersyukur-ada-jkn-kis