Sempat Ditutup, Penyebrangan Kayangan- Poto Tano Normal

NORMAL : Aktivitas penyebarangan di Pelabuhan Kayangan - Poto Tano tetap berjalan normal. (IST/ RADAR LOMBOK)

SELONG – Aktivitas penyeberangan di Pelabuhan Kayangan Lombok Timur – Poto Tano Kabupaten Sumbawa Barat dipastikan tetap berjalan normal. Meskipun terjadi cuaca buruk  berupa hujan deras disertai dengan angin kencang yang terjadi beberapa minggu terakhir ini, namun hal itu  sama sekali membuat aktivitas penyeberangan di Pelabuhan Kayangan – Poto Tano tidak lumpuh total.

“Kemarin memang sempat ditutup, tapi tidak lama cuma sekitar 1 jam. Setelah itu penyeberangan dari Pelabuhan Kayangan – Poto Tano maupun sebaliknya sampai sekarang tetap normal seperti biasa ” kata Manajer Usaha ASDP Kayangan Eka Rosi, Minggu (25/12).

Dikatakannya, ditengah kondisi cuaca seperti ini, pihaknya juga tetap melakukan update perkembangan cuaca yang disampaikan oleh BMKG. Termasuk juga berkoordinasi dengan berbagai pihak terkait lainnya. Kalau kondisi cuaca memang tidak mungkinkan untuk dilakukan penyeberangan, mereka pun akan meminta kapal untuk tidak melakukan aktivitas apapun.

Baca Juga :  Penjual Miras Kena Denda Rp 2 Juta

“Kita  juga tentunya tetap berkoordinasi dengan kapal- kapal yang berlayar terkait dengan perkembangan dan kondisi cuaca. Yang jelas untuk saat ini penyeberangan tetap normal, tidak ada buka tutup, ” singkat Eka.

Sebelumnya, Petugas Perwira Jaga Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah XII Bali dan Provinsi NTB Satuan Pelayanan Pelabuhan Penyeberangan Kayangan, Lombok Timur, Didi Jayus Prasetia mengungkapkan, peringatan dini gelombang tinggi di perairan Selat Alas penyeberangan Pelabuhan Kayangan – Poto Tano  memang sempat  dihentikan sementara sampai dengan keadaan cuaca kembali membaik pada Sabtu.

Baca Juga :  Rinjani Travel Mart Tingkatkan Angka Kunjungan Wisatawan

“Penutupan penyeberangan keberangkatan kapal dari lintasan Pelabuhan Kayangan menuju Poto Tano dan begitu juga sebaliknya untuk menjaga keselamatan dan keamanan pelayaran,” kata dia.

Namun, lanjut dia, situasi di areal kawasan Pelabuhan Kayangan – Poto Tano hingga kini masih normal. Belum terjadi penumpukan kendaraan yang akan menyeberang ke Pelabuhan Kayangan. Pelayaran kembali dibuka setelah kondisi cuaca normal dengan kecepatan angin dibawah 25-30 knot.

“Sebaliknya penyeberangan ditutup apabila cuaca memburuk dan gelombang tinggi,” tutupnya. (lie)

Komentar Anda