Sempat Ditunda, L’etape Indonesia Siap Digelar Tahun Depan

Gubernur NTB, Dr H Zulkieflimansyah membuka kegiatan Road to L'etape Indonesia 2021 by Tour de France yang memulai start dari Halaman Islamic Center Mataram, Minggu (6/11/2020). (istimewa)

MATARAM – Gelaran L’etape Indonesia yang sebelumnya diagendakan pada tahun ini terpaksa harus ditunda akibat pandemi Covid-19.

Menyongsong tahun 2021, L’etape Indonesia telah bersiap menyelenggarakan event yang begitu akrab bagi para pencinta olahraga bersepeda ini di Kuta Mandalika Lombok Tengah NTB.
Indonesia menjadi negara ke-12 dari 15 negara yang akan menggelar ajang bergensi tersebut. Tentunya hal ini memberikan dampak positif bagi sport tourism di Indonesia, khususnya NTB.

Gubernur NTB, Dr H Zulkieflimansyah membuka kegiatan Road to L’etape Indonesia 2021 by Tour de France yang memulai start dari halaman Islamic Center Mataram, Minggu (6/12/ 2020). Event ini diikuti berbagai komunitas sepeda dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan yang telah dianjurkan.

Gubernur berharap segala event internasional yang akan meramaikan NTB di tahun depan dapat berjalan lancar tanpa kendala berarti.Ia meminta dukungan dan do’a dari seluruh kalangan untuk menjadikan NTB sebagai tuan rumah yang ramah dan baik menyambut event-event nasional maupun internasional mendatang. “NTB tahun depan mudah-mudahan kalau pandemi corona ini berlalu, bulan September kita akan ada L’etape Tour de France ini. Kemudian event MotoGP bulan Oktober dan bulan November kita juga akan jadi tuan rumah Superbike,” ucap gubernur.

Berbagai event yang akan hadir di NTB kedepan tentu akan berdampak baik dalam upaya pemulihan ekonomi dan juga menghadirkan kesejahteraan bagi masyarakat NTB. Oleh sebab itu, gubernur mengajak seluruh pihak dapat terus menjalin sinergi demi mewujudkan hal tersebut.”Mudah-mudahan setelah itu, nanti pre-event itu banyak acara sehingga betul- betul NTB ini meriah dengan kehadiran kita semua,” pungkasnya.

Sementara itu Direktur L’etape Indonesia, Zacky Badrudin mengutarakan rasa syukurnya dapat kembali berkumpul dan menggelar kegiatan yang cukup lama ditunda. “Insya Allah pada tahun 2021 kita akan mengadakan L’etape Indonesia by Tour de France yang sempat tertunda di tahun 2020 ini,” tuturnya.

Di masa pandemi ini, Ia mengatakan bahwa semangat harus tetap berkobar sebagai upaya beradaptasi dengan wabah Covid-19 yang melanda. Oleh sebab itu, protokol kesehatan Covid-19 menjadi hal yang diutamakan pada kegiatan-kegiatan kedepannya. “Event hari ini kita menggunakan protokol Covid-19, kita menjaga jarak ketika start. Start ini kita mulai persepuluh riders dan kita ada 50 riders, jadi secara small group semuanya. Para peserta juga kita cek suhu dan juga tidak lupa mencuci tangan,” ungkap Zacky.

Terakhir, Ia mengapresiasi seluruh jajaran pemerintah pusat khususnya Kemenparekraf RI serta Pemprov NTB dan stakeholder terkait yang telah dengan sungguh-sungguh memajukan sport tourism di Indonesia. “Sport tourism itu adalah kunci dari industri pariwisata di Indonesia, dan luar biasa sekali NTB ini adalah leader dari sport tourism di Indonesia,” pujinya.

Turut pula mendampingi Gubernur pada kesempatan ini, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi NTB dan juga Ketua KONI Provinsi NTB. (hms/sal)