Sembuh dari Covid, Wagub Mulai Beraktivitas Lagi

Wagub NTB Hj. Sitti Rohmi Djalillah (Faisal Haris/Radar Lombok)

MATARAM-Wakil Gubernur (Wagub) NTB Hj. Sitti Rohmi Djalillah kembali menjalani aktivitasnya seperti biasa, pasca-dinyatakan sembuh dari covid-19 beberapa hari lalu.

Ummi Rohmi pun menuturkan, kondisinya setelah menjalani isolasi mandiri.

Pasca-diumumkan terkonfirmasi positif pada 13 Maret 2021 dan negatif pada 17 Maret, dia mengaku tidak merasakan gejala apapun. Hanya saja Wagub diminta tetap isolasi mandiri 10 hari. “Dari positif sampai sekarang kondisinya biasa-biasa saja. Alhamdulillah ya,” ucapnya usai memimpin rapat Pelaksanaan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berbasis Mikro di Pendopo, Senin (22/3/2021).

Wagub yang terkonfirmasi bersama suaminya H. Khairul Rizal dan tujuh orang lainnya, terpapar covid dari salah satu asisten rumah tangga (ART) yang tinggal di Pendopo. “Akhirnya mampir juga di badan saya covid ini. Tapi ternyata itu ya yang saya rasakan berkah daripada sudah vaksin dua kali. Alhamdulillah saya tidak merasakan apapun,” ujarnya.

BACA JUGA :  Wakil Gubernur NTB Positif Covid-19

Wagub menjadi salah satu pasien covid-19 yang tergolong cepat dinyatakan negatif atau sembuh. Meski pasien lain harus menunggu berminggu-minggu baru bisa dinyatakan negatif setelah menjalani swab PCR selama dua kali.

“Selama proses (isolasi mandiri) itu juga tidak ada hal yang aneh-aneh yang saya rasakan sampai kemudian saya swab kembali dan dinyatakan negatif,” sambungnya.

“Sampai sekarang kondisi sudah fit (sehat) malah fit-nya sudah dari beberapa hari yang lalu. Tapi kan disarankan Senin (hari ini) ajalah mulai keluar (aktivitas). Ini sudah baik-baik saja,” tambahnya.

Dikatakan Wagub, meski sudah divaksin, tidak lantas kemudian tidak bisa diserang virus. Tetapi ketika sudah divaksin maka antibodi terbentuk dengan baik untuk melawan virus. “Sehingga respons badan kita itu lebih baik, tidak parah, tidak merasakan gejala apapun. Sama saja kalau orang penyakit flu misalnya sudah disuntik vaksin flu, bisa saja di dalam badannya itu ada virus tapi tidak ada gejala apa-apa ya karena antibodinya sudah bagus,” jelasnya.

BACA JUGA :  Wagub NTB dan Suami Lebih Cepat Sembuh dari Covid-19, Ini Penjelasan Medisnya

Wagub mengingatkan seraya berharap pelaksanaan vaksinasi di NTB dapat berjalan lancar. Tetapi meski sudah divaksin harus tetap mematuhi protokol kesehatan covid-19.

Dalam kesempatan itu juga, Wagub berbagi tips supaya bisa cepat sembuh dari serangan covid-19. Yakni tubuh harus tetap beraktivitas seperti olahraga kemudian makan-makanan yang bergizi, istirahat yang cukup dan pikiran juga harus tetap tenang. “Karena sebenarnya yang memperburuk kondisi itu pikiran,” pungkasnya. (sal)