Sembilan Jabatan Eselon II segera Dilelang

Dr. H Baehaqi
Dr. H Baehaqi.( Fahmy/Radar Lombok)

GIRI MENANG – Hingga kini jumlah jabatan eselon II yang kosong di Kabupaten Lombok Barat sebanyak sembilan. Rencananya pengisian jabatan eselon II yang masih kosong akan dilakukan melalui mekanisme lelang terbuka pada awal bulan Januari tahun 2020. Badan Kepegawaian dan SDM Kabupatan Lombok timur sudah melakukan persiapan pelaksanaan lelang jabatan.

Kepala BKDPSDM Lombok Barat, Suparlan menjelaskan, untuk pengisian jabatan yang masih kosong nanti akan dilakukan secara terbuka, sebelum tahapan lelang jabatan dimulai terlebih dahulu akan dibentuk panitia seleksi (Pansel) sebagai pelaksana lelang jabatan.”Lelang jabatan akan digelar awal tahun 2020,” katanya kemarin.

Sembilan jabatan eselon II yang bakal dilelang yaitu Inspektur  Inspektorat Kabupaten Lombok Barat, Kepala Dinas Pendidikan, Kepala Dinas Pariwisata, Kepala Dispora, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan, Kasat Pol PP, Kepala Dinas Sosial, Kepala Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Sekretaris Dewan (Setwan). Jabatan-jabatan ini kosong lantaran ada pejabat yang pensiun, terbelit kasus hukum, hingga dampak dari rotasi yang dilakukan beberapa waktu lalu. Untuk sementara masing-masing OPD itu dipimpin oleh pelaksana tugas.

Dikatakan Parlan, lelang jabatan akan dilaksanakan secara terbuka. Dengan begitu tidak hanya Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang berasal dari Kabupaten Lombok Barat saja yang bisa mengikuti seleksi, pejabat dari luar Lombok Barat juga berhak ikut dalam seleksi.” Karena dilakukan terbuka, yang dari luar Lobar juga berhak untuk ikut,” ungkapnya.

Pelaksana seleksi diharapkan bisa tuntas selama satu bulan pada bulan Januari sehingga pada bulan Februari 2020 hasil seleksi sudah selesai dan pejabat yang terpilih bisa segera dilantik.”Target kita Januari selesai, Februari sudah dilantik,” harapnya.

Terpisah, Sekda Lombok Barat, H. Baehaqi, mengatakan, untuk pengisian jabatan pihaknya tentu akan bekerja cepat sebagaimana amanah bupati. Serah terima jabatannya juga sudah dilakukan sebelum hari pensiun Sekda lama.”Segera kita bekerja agar semua jabatan yang kosong bisa segera diisi,” tegasnya.(ami)