Sembilan Cabor Potensi Jadi Lumbung Emas PON

LATIHAN : Inilah saat sejumlah atlet PON menjajal latihan di Program Pelatda PON NTB Gemilang belum lama ini. (NASRI/RADAR LOMBOK)

MATARAM Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) NTB sudah lama memetakan cabor penyumbang medali emas untuk NTB. Melalui Sport Intelejensinya, setidaknya ada 9 Cabor yang benar-benar berpeluang membawa pulang 17 Emas.

“Sudah lama kita petakan mana cabor yang benar-benar berpeluang sumbang emas. Semua itu sangat mungkin terjadi, setelah kita melihat lawan-lawannya nanti di PON Papua,” kata Ketua KONI NTB H Andy Hadianto, Kamis (9/9).

Dikatakannya, tim Sport Intelejensi KONI NTB sudah bekerja cukup lama. Semua daerah yang memiliki atlet andal dan memungkinkan bertemu dengan atlet NTB sudah di hitung, sehingga dari hitung-hitungan para petugas ini, KONI meyakini NTB bisa meraih 17 emas.

Adapun ke sembilan cabor yang berpeluang boyong emas itu, terdiri dari cabor atletik, tinju, muaythai, tarung derajat, voli pasir, panjat tebing, karate, kempo dan Balap Motor.

BACA JUGA :  Tarung Derajat, Satriawan dan Wan Hardiah Raih Medali Emas

 “Sembilan Cabor ini jadi senjata kita untuk tembus 17 emas. Bahkan bisa saja cabor yang lain beri kejutan,” katanya.

Andy lantas merincikan setiap cabor beserta atletnya yang bisa sumbang emas. Diawali dari cabor Atletik, ada Lalu M. Zohri yang akan turun di Nomor 100 meter, 200 Meter, dan Nomor Estafet. Kemudian ada Sapwaturrahman di nomor Lompat Jangkit, dan Lompat jauh. Ada Rohani di nomor 100 meter gawang putri dan lompat jauh putri. Ada Ni Putu Yogiswari dan Nanang Fahmi di nomor Tolak Peluru.

Kemudian ada Dian Ekayanti di nomor halang rintang. Imam Mahdi  di Nomor Marathon, ada Andrian di nomor lari gawang putra. Ridwan di nomor 5000, dan 10.000. Pada PON Papua nanti, Atletik menurunkan 15 atlet, terdiri dari 11 putra dan 4 putri.

“Sejumlah atlet yang diatas merupakan atlet yang punya kans rebut emas,” bebernya.

BACA JUGA :  Gubernur Janjikan Bonus Rp 300 Juta Bagi Atlet Peraih Emas

Adapun di kategori Bela Diri, ada Cabor Karate yang menurunkan atlet andal sekelas Ahmad Zigi Zaresta di Nomor KATA. Kemudian Cabor Tinju menurunkan 9 atlet, namun yang berpeluang raih emas ada 5 atlet. Disusul dengan cabor Tarung Drajat, yang menargetkan satu medali emas. Cabor muaythai juga memastikan satu medali emas, Voli Pasir satu medali emas, Panjat Tebing satu medali emas. Kempo satu medali emas, dan cabor Balap Motor satu medali emas.

Sementara 10 cabor yang lain, Andy menyebut sama-sama punya peluang raih medali. Karena mereka juga sudah melakukan latihan dengan sangat disiplin dan terprogram melalui Pelatda PON NTB Gemilang.

“Cabor yang ini juga tetap punya peluang rebut medali. Mari kompak dan berdoa semoga ada kejutan di PON Papua nanti,” tutupnya. (rie)