Seluruh Pegawai Bakesbangpol Negatif Narkoba

I Ketut Sandiasa (ZUL/RADARLOMBOK)

GIRI MENANG – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Lombok Barat bekerjasama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) NTB melakukan tes urine terhadap 36 pegawai pada Senin (16/1) dan Selasa (17/1) lalu. Hasilnya, seluruh pegawai setempat negatif Narkoba. “ Hasil resminya belum saya pegang, tetapi dari konfirmasi pihak BNN NTB, semuanya negatif. Termasuk yang dua orang tidak mengikuti pada hari pertama tersebut,” ungkap Pelaksana Tugas Kepala Bakesbangpol Lobar I Ketut Sandiasa, Rabu (18/1).

Seperti diketahui dari total 36 pegawai tersebut, 34 pegawai Bakesbangpol mengikuti tes urine. Ada dua pegawai yang mengikuti tes urine susulan. “ Kita lakukan tes urine itu jam 09.00 WITA. Tidak ada yang tahu. BNN sendiri saya beritahu Jumat (13/1). Jadi tidak ada (pegawai) yang saya kasih tahu,” ungkap pria yang juga Sekretaris Bakesbangpol Lobar ini.

[postingan number=3 tag=”tes”]

Ketut sendiri sangat bersyukur tidak ada pegawainya yang positif Narkoba. Termasuk dua orang yang dicurigai berdasarkan informasi yang ada. Terlebih lanjut Ketut, tes urine kemarin menggunakan enam parameter, bukan lima parameter. Artinya ada satu tambahan parameter untuk mendeteksi narkoba jenis baru. “Jadi ada enam parameter (METH, THC, MDMA, MORPH, BZO dan COC) yang kita pergunakan untuk tes urine kemarin. Termasuk yang tes urine Kepala Desa dan BPD kemarin itu,” terangnya.

Ditegaskannya, penting jajaran Bakesbangpol Lobar bersih dari Narkoba karena harus menjadi contoh atau teladan. Jangan sampai menyatakan perang terhadap Narkoba, tetapi malah ada yang positif. “Kalau saja ada yang positif kemarin. Maka harus mengikuti rehabilitasi dan saya sendiri sebagai pimpinan akan mengambil tindakan atau sanksi tegas dengan menerapkan PP 59 (Disiplin PNS) langsung. Tetapi untungnya tidak ada,” jelasnya. (zul)