Seluruh Calon Deklarasikan Pilkades Damai

Ilustrasi pilkades
Advertisement

GIRI MENANG-Pemilihan Kades (Pilkades) serentak di Lombok Barat siap digelar pada tanggal 7 Desember  mendatang. Sebanyak 68 calon dari 18 desa yang ada siap memperebutkan 18 posisi jabatan Kades.

Untuk memantapkan pelaksanaan Pilkades serentak ini, dilakukan rapat persiapan kemarin.

Kabag Humas dan Protokoler Setda Lombok Barat H. Syaeful Ahkam mengatakan, dalam rapat ini dibahas berbagai hal mulai dari mekanisme pengamanan, pelaksanaan pemungutan suara hingga pemetaan daerah rawan konflik.

Untuk pengamanan sendiri kata Ahkam, dilibatkan 195 personel Polres Lombok Barat plus 155 personel Polres Mataram. Personel Polres Mataram ditempatkan di Desa Nyurlembang di Kecamatan Narmada, Dasan Geriya Kecamatan Lingsar serta Desa Jati Sela, Guntur Macan, Mekar Sari dan Kekait di Kecamatan Gunungsari. Tiga kecamatan tersebut memang masuk wilayah hukum Polres Kota Mataram.

Ahkam menerangkan, pada tanggal 5 Desember akan dilaksanakan penandatanganan deklarasi damai. Semua calon Kades diminta bersama-sama komit menjaga kondusivitas daerah dengan menyejukkan para pendukung masing-masing apapun hasil Pilkades.

Panitia kabupaten menghimbau panitia desa menjunjung tinggi netralitas dan profesionalisme dan tidak ada kepentingan apapun, mendukung salah satu calon, karena hal tersebut rentan menimbulkan konflik. “Karena hampir semua desa punya potensi terjadi gesekan. Tapi di sini yang kita khawatirkan gesekan dari eksternal atau orang taruhan,” jelasnya.(zul)