Selly Tak Mendaftar di PDIP Kota

Selly Tak Mendaftar di PDIP Kota
DAFTAR: Haifa Akbar (tengah) mendaftarkan diri sebagai calon wali kota di DPC PDIP Kota Mataram, Senin (7/10) lalu.( AHMAD YANI/RADAR LOMBOK)

Sangat Mungkin Daftar di DPD atau DPP

 MATARAM–DPC PDIP Kota Mataram menutup masa perpanjangan penjaringan bakal calon kepala daerah untuk Pilkada 2020, Selasa (8/10) dini hari kemarin.

Ketua Tim Penjaringan DPC PDIP Kota Mataram I Gede Wiska memastikan hanya ada tiga kandidat yang mendaftar yakni Ketua DPW PAN NTB Muazzim Akbar sebagai bakal calon wali kota atau wakil wali kota. Kemudian Hidayatullah mendaftar sebagai bakal calon wali kota, serta Haifa Akbar mendaftar sebagai bakal calon wali kota. “Ada tiga kandidat resmi daftar,” ungkap Gede, kemarin.

Adapun Kepala Dinas Perdagangan NTB Putu Selly Andayani tidak mendaftar. Ia tidak tahu apa alasan istri Ketua DPD PDIP NTB Rahmat Hidayat itu tak mendaftar. Padahal seperti diketahui, nama Selly kerap digaungkan diusung PDIP sebagai bakal calon wali kota. “Ibu Selly hingga penutupan tidak ada mendaftar,” jelas Anggota DPRD Kota Mataram ini.

Namun sangat mungkin lanjutnya, Selly akan mendaftar melalui DPD PDIP NTB atau DPP. Karena itu diperbolehkan dalam aturan internal PDIP.

Adapun berkas balon kada yang mendaftar akan diverifikasi. Jika semua lengkap, akan diteruskan ke DPD pada dua atau tiga hari ke depan. Selanjutnya DPD mengirim ke DPP.

Pihaknya di DPC hanya membuka penjaringan. Uji kelayakan dan kepatutan digelar DPP.

Haifa Akbar yang dikonfirmasi memastikan diri maju sebagai calon wali kota. Sebagai bukti keseriusannya, ia sudah mendaftar di PDIP. Rencananya juga akan daftar di DPC NasDem Kota Mataram. “Pekan ini juga saya akan daftar di Partai NasDem,” tandasnya.

Haifa mengaku siap bersaing dengan Selly dalam memperebutkan tiket usungan PDIP. Itupun kalau Selly mendaftarkan diri. Terkait figur bakal calon wakil wali kota yang akan mendampingi, Haifa mengaku belum menentukan. Ia akan mencermati dulu proses penjaringan balon kada di parpol.

Namun ia melirik dua figur muda yakni putra Wali Kota Mataram Badruttamam Ahda dan politisi muda Gerindra Husein Hizam. “Tetapi soal siapa wakil, kita tunggu hasil penjaringan di parpol dulu,” ungkapnya.

Haifa sendiri berharap, Golkar dan Demokrat juga membuka penjaringan balon kada dan ia siap daftar di dua parpol tersebut. Golkar kata dia memang sudah memberi sinyal kuat mengusung Ketua DPD II Golkar Mataram Mohan Roliskana, yang juga Wakil Wali Kota Mataram. Sementara Demokrat belum ada. “Kita mintalah Golkar dan Demokrat juga buka penjaringan. Seperti dilakukan PDIP dan NasDem,” tandasnya. (yan)