Seleksi PSB, MA NW Muallimin Pancor Gandeng Equiti Semarang

SELONGTerobosan baru dilakukan MA NW Muallimin Pancor, Kecamatan Selong, Lombok Timur dalam melaksanakan Penerimaan Siswa Baru (PSB) tahun ini. Yaitu dengan menggandeng Equiti Semarang dalam pelaksanaan tes IQ.

Hasil tes IQ ini nantinya sebagai patokan dalam penjurusan yang sesuai bagi para siswa. Bahkan bagi orang tua wali, hasil tes ini akan dapat dijadikan sebagai acuan dalam memilih Peguruan Tinggi ataupun dalam mengarahkan putra-putri mereka dalam memilih jurusan pada lembaga Perguruan Tinggi nantinya.

Kepala MA Muallimin NW Pancor, Munawar MPd mengatakan, tes psikologi bagi para calon siswa baru telah dilaksanakan semenjak tiga tahun lalu namun hanya bersifat manual. “Ini kali pertama kita bekerjasama dengan Equita Semarang, dimana hasil tes ini akan tergambar kerja otak kanan dan kiri,” katanya, Jumat (1/7).

Dalam tes yang diikuti oleh 227 orang ini para calon siswa baru diberikan soal sebanyak 36 soal. Soal-soal yang diberikan akan mencerminkan psikis dan kemampuan calon siswa baru. Lembar jawaban menggunakan LJK yang nantinya akan dianalisa oleh Equiti. Dibutuhkan waktu sekitar dua minggu untuk melakukan analisa terhadap hasil tes para calon siswa baru ini.

“Mengingat hasilnya akan lebih komplit yang dapat mencerminkan kemampuan otak kanan dan kiri sebagai dasar penentuan penjurusan siswa baru nantinya sehingga program ini tentu sangat positif  untuk terus kita laksanakan setiap penerimaan siswa baru,” jelasnya.

Untuk tahun ajaran baru ini, MA NW Muallimin Pancor menerima sebanyak 227 siswa baru. Siswa baru ini nantinya akan menempati 7 kelas yang ada. Sementara jumlah siswa seluruhnya mencapai 658 orang. Sebagai salah satu sekolah favorit di lingkungan YPH PPD NW Pancor, MA NW Muallimin Pancor telah mengukir berbagai prestasi. Terakhir tahun ini, sekolah ini tercatat sebagai satu-satunya sekolah swasta dan Ponpes yang mengikuti pelaksanaan UNBK di Lotim. (lal)