Selama Libur Lebaran, RSUD Praya Tidak Layani Pasien Rawat Jalan

dr Mamang Bagiansah (M Haeruddin/Radar Lombok)

PRAYARumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Praya selama sepekan libur lebaran Idul Fitri 1444 Hijriah, mulai Rabu (19/4) besok tidak melayani pasien rawat jalan. Untuk mengantisipasi adanya pasien yang datang, pihak rumah sakit sudah menyediakan stok obat yang bisa di konsumsi selama libur ini oleh para pasien yang selama ini melakukan rawat jalan.

Direktur RSUD Praya, dr Mamang Bagiansah mengatakan, selama libur lebaran ini pelayanan di IGD dan rawat inap akan berjalan normal seperti biasanya hingga berbagai pelayanan lainnya. Yang tidak ada hanya pelayanan rawat jalan saja, sehingga para pasien yang biasanya melakukan rawat jalan saat ini sudah bisa membeli obat. “Bagi pasien kronis yang rutin hanya melanjutkan obat maka sebelum libur ini kita berikan obat dengan jumlah sesuai perhitungan selama libur ini. Jadi sekarang obat untuk pasien rawat jalan sudah kita siapkan obat selama libur, sehingga pasien tidak akan kehabisan obat selama masa libur ini,” ungkap dr Mamang Bagiansah saat ditemui di kantor bupati Lombok Tengah, Senin (17/4).

Baca Juga :  Pedagang Keliling di Mandalika Resahkan Wisatawan

Selama ini, sebut Mamang, banyak pasien yang rawat jalan, bahkan per hari bisa sampai 400 pasien. Hal inilah yang membuat banyak pasien yang antre di apotek RSUD Praya. “Pelayanan untuk pasien rawat jalan ini tidak ada mulai Rabu besok sampai Rabu depan dan pelayanan yang lain akan tetap berjalan seperti bisa bahkan saat hari lebaran, karena ada petugas yang piket,” tambahnya.

Mamang menegaskan, untuk tenaga kesehatan (nakes) yang disiapkan selama libur lebaran ini sama dengan hari-hari biasanya dan tetap piket di bidang masing-masing, sehingga dipastikan dokter akan ada setiap harinya di rumah sakit. “Artinya kalau perawatan atau pelayanan yang sifatnya emergensi ini tetap ada. Hanya pelayanan rawat jalan ini yang tidak ada, karena kita memandang yang disuplai bagi pasien rawat jalan ini merupakan pasien kronis yang biasa kontrol,” terangnya.

Baca Juga :  Toma Absen, Musyawarah Penyelesaian Dugaan Asusila Kades Darek Dibatalkan

Di setiap puskesmas juga selama libur lebaran ini tidak melayani pasien rawat jalan ini dan kalaupun ada yang mendesak dan perlu perawatan maka bisa langsung dibawa ke IGD RSUD Praya. “Tapi misalkan ada yang kencing manis terus mau sambung obat maka tidak bisa dilayani selama liburan. Maka sebelum libur stok obat ini harus diperhitungkan untuk bisa mencukupi,” terangnya. (met)  

Komentar Anda