Selain Pintar Bernyanyi, Ia Juga Pintar Mengaji

Ia Juga Pintar Mengaji
DIDAMPINGI: Nindi Soleha, bocah tunanetra yang mewakili NTB untuk lomba FLS2N saat didampingi kedua orang tuannya, Selasa kemarin (10/9). (M HAERUDDIN/RADAR LOMBOK)

NINDI SOLEHA, BOCAH TUNANETRA WAKILI NTB UNTUK FLS2N DI KANCAH NASIONAL

Memiliki kekurangan sejak lahir tidak menjadikan Nindi Soleha, putus asa dalam berkarya. Bocah 8 tahun itu bahkan terus mengasah bakatnya hingga bisa meraih prestasi. Dia berhasil mewakili NTB dalam lomba vokal bernyanyi solo tingkat nasional di Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) yang akan digelar di Bandar Lampung.

NINDI sapaan akrabnya kini duduk dibangku kelas 4 di Sekolah Luar Biasa Negri (SLBN) 2 Lombok Tengah. Nindi merupakan bungsu dari enam bersaudara pasangan Sahamudin dan Ainiah. Warga Dusun Toro Desa Penujak Kecamatan Praya Barat ini, memiliki segudang perestasi. Selain diketaahui berperestasi dalam bidang bernyanyi, ia juga hebat dalam mengaji atau membaca Alquran.

Nindi Soleha lahir menjadi seorang anak yang tidak bisa melihat. Bahkan dua saudaranya juga memiliki nasib serupa seperti dirinya. Akan tetapi dengan keterbatasannya itu tidak membuat dirinya patah semangat. Ia ingin selalu memberikan motivasi kepada orang lain, bahwa meski tidak bisa melihat tapi ia bisa berperestasi.

Sahamudin selaku orang tua Nindi menceritakan, bahwa anaknya memang satu-satunya yang akan berangkat untuk lomba nyanyi mewakili NTB. Hal itu, setelah anaknya berhasil mengalahkan berbagai peserta yang berasal dari daerah lain. “Alhamdulilah saya sebagai orang tua merasa bangga, karena anak saya bisa mewakili NTB di kancah Nasional,” kata Sahamudin kepada Radar Lombok, Selasa (10/9).

Mengaji dan bernyani merupakan aktivitas yang selalu ditekuni Nindi setiap hari. Di mana ia sendiri dilatih oleh kakaknya yang juga tunanetra. Bahkan di MTQ kabupaten, Nindi juga terpilih menjadi juara dua karena suaranya yang merdu saat mengaji. “Minggu depan akan berangkat ke Lampung, dan memang kakaknya selalu melatih dia untuk bernyani dan mengaji,” terangnya.

Ia juga selalu memberikan motivasi kepada anaknya agar terus berkarya meski tidak bisa meliahat. Memiliki keterbatasan bukan menjadi alasan untuk tidak bisa berkarya. “Alhamdulilah kami sebagai orang tua merasa sangat bangga,” terangnya.

Sementara Nindi Soleha menegaskan, dengan terpilihnya ia mewakili NTB, maka ia berharap akan menjadi motivasi bagi teman-temannya. Sehingga tidak menjadi sedih dengan keterbatasan yang dimiliki, ia juga berharap agar bisa mendapat juara dalam lomba. “Mudah-mudahan bisa jadi juara, karena saya memang bercita-cita menjadi penyanyi dan qari dari dulu,” terangnya.

Sementara itu, Kepala SLBN 2 Lombok Tengah, Hj Mistaotah menambahkan, jika Nindi merupakan peserta tunggal yang mewakili NTB dalam lomba vokal bernyanyi solo tingkat nasional. Nindi diberikan amanah oleh NTB setelah sebelumnya berhasil lolos dari seleksi yang diadakan dari tingkat kabupaten hingga Provinsi NTB. “Nindi akan berangkat pada Sabtu dan akan ikut testing dulu selama dua hari di Mataram. Baru kemudian akan berangkat langsung ke Bandar Lampung untuk mengikuti FLS2N tingkat nasional. Kami dari sekolah merasa sangat bangga dengan perestasi yang diraih oleh anak-anak kita ini,” tandasnya. (**)