Sekotong Triathlon Digelar Awal Bulan Depan

PANTAI SEKOTONG: Keindahan pantai Sekotong akan menjadi magnet gelaran event Sekotong Triathlon 7 November nanti. (Fahmy/Radar Lombok)

GIRI MENANG – Setelah beberapa bulan tertunda, event Sekotong Triathlon akhirnya ada kepastian. Event yang bernuansa sport tourism ini akan digelar pada tanggal 7 November mendatang.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Lombok Barat, Maad Adnan, mengatakan, setelah beberapa kali ditunda karena kondisi pandemi, Sekotong Triathlon akan digelar tanggal 7 November mendatang. “ Ini sudah final,” katanya.

Dari sisi kesiapan, Pemkab Lombok Barat sudah siap. Pemkab Lobar lebih berperan untuk mendukung kesuksesan acaranya dengan memastikan keamanan di jalan bagi peserta. Dinas sudah melakukan koordinasi dengan pihak kepolisian, Dinas perhubungan dan yang lainnya.

Begitu juga untuk masalah kesehatan, sudah dilakukan koordinasi dengan Dinas Kesehatan untuk menyiapkan fasilitas kesehatan di lokasi. Soal yang lainnya sudah ada di pihak penyelenggara dari FTI (Federasi Triathlon Indonesia).” Kalau terkait acara puncak itu dari FTI yang hendel,” jelasnya.
Ditambahkan Maad, event Sekotong Triathlon ini menjadi tonggak awal kebangkitan pariwisata di masa pandemi. Mudah-mudahan pandemi ini berakhir. Nantinya pasti akan diikuti lagi oleh event yang lainnya.” Ini akan menjadi barometer tersendiri. Kalau ini sukses, maka sudah pasti event berikutnya akan kita programkan,” tegasnya.

BACA JUGA :  Bupati Segera Gelar Mutasi Kepala Dinas

Sementara itu panitia pelaksana mengatakan ada sedikit perubahan jarak tempuh dalam gelaran Sekotong Triathlon nanti. Jarak tempuh mengalami perubahan, khusus untuk jarak sepeda. Sementara jarak lari dan renang tetap seperti konsep awal. “ Setelah kita lihat keadaan, kita bersepakat mengubah jarak tempuh sepeda. Sebelumnya kita konsep 27,5 Km, sekarang kita ubah menjadi 20 Km sesuai standar ITU,” ungkap Ketua Federasi Triathlon Indonesia (FTI) NTB, Baiq Elok Megawati.

Dikatakannya, setelah hampir tiga pekan tidak memperbaharui perkembangan event Sekotong Triathlon yang dijadwalkan berlangsung pada 7 November nanti, kini pihaknya kembali turun memastikan perkembangan event yang melibatkan pihak Pemkab Lobar tersebut. Agenda pertama yang dilakukan adalah melakukan survei ulang untuk penyesuaian rute. Setelah rute sesuai, pihaknya lantas melakukan perubahan jarak tempuh untuk kategori sepeda. Sementara jarak tempuh lari dan renang tidak mengalami perubahan jarak, atau tetap sejauh 750 meter untuk renang, dan berlari sejauh 5 kilometer. “ Semua ini sudah kita sepakati bersama dengan panitia,” lanjutnya.

BACA JUGA :  Pilkades Hari Ini, Judi Marak

Agenda selanjutnya, guna mematangkan persiapan , pihaknya akan menggelar rapat dengan Pemda dan dinas terkait. Ini dilakukan supaya acara yang digelar yang tinggal sebentar ini bisa berjalan lancar dan maksimal. Karena tujuan acara olahraga ini tidak hanya olahraga semata, melainkan untuk kepentingan pariwisata. “ Pelaksanaan event kita semakin dekat, makanya kita kebut melakukan konsolidasi dan rapat dengan sejumlah pihak yang terlibat,” tutupnya (ami/rie)