Sekotong Tengah Wakili Lobar Lomba Toga

GIRI MENANG – Desa Sekotong Tengah Kecamatan Sekotong mewakili Lombok Barat dalam lomba tanaman obat keluarga(Toga) tingkat provinsi setelah menang di tingkat kabupaten.

Tim penilai dari provinsi datang sekitar pukul 10.00 Wita, Kamis (21/7). Saat penilaian, Ketua TP PKK Lombok Barat Hj. Khairatun Fauzan Khalid beserta jajarannya hadir. Ada jiga Plt Kades Sekotong Tengah H. Abdul Hamid. “ Sekotong Tengah mewakili Lombok Barat lomba Toga di tingkat provinsi,” terang Hj. Khairatun Fauzan Khalid saat turun ke Kelompok Toga Suren Dusun Suredadi Desa Sekotong Tengah.

Desa Sekotong berhasil mewakili Lombok Barat setelah menang di tingkat kabupaten beberapa waktu lalu. Hasil penilaian tim kabupaten, desa ini memperoleh juara I sehingga diberikan kesempatan untuk ikut penilaian tingkat provinsi. Pengembangan Toga sendiri jelasnya, termasuk di bawah koordinasi PKK melalui PPK desa dan kecamatan bersama pihak pemerintah desa dan kecamatan. PKK memiliki kelompok-kelompok yang diharapkan memasyarakatkan hal ini. “ Sebab banyak masyarakat belum tahu ternyata tanaman di sekitar termasuk ada fungsi sebagai obat,” ujarnya.

BACA JUGA :  Inya Allah, Paket Fauzan-Sumiatun

Lomba semacam ini sudah masuk tahun ketiga di NTB. Dalam lomba penilaian Toga ini, ada beberapa kriteria diantaranya Toga Desa Biasa dan kategori Toga Desa Terpencil. Di Lombok Barat hanya ikut dua lomba tersebut. “ Desa Sekotong termasuk ikut lomba Toga Desa Terpencil,” sebutnya.

Plt Kades Sekotong Tengah H. Abdul Hamid menjelaskan, kedepan akan terus memperhatikan dan mendukung pengembangan Toga ini. Sebab manfaat tanaman obat sendiri bisa dipakai langsung oleh masyarakat. “ Alhamdulillah kita berhasil menang di tingkat kabupaten, dan berhasil mewakili ke provinsi,” ungkapnya.(flo)