Sekolah Tak Boleh Jual Seragam

Tim Saber Pungli Terus Pantau

JUAL SERAGAM
DILARANG: Sekolah dilarang menjual beli baju seragam. (Sudir/Radar Lombok)

MATARAM — Tim Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) Kota Mataram melarang sekolah lakukan transaksi jual beli seragam sekolah.

Wakil Ketua Tim Saber Pungli Kota Mataram, L Alwan Basri selaku kepala Inspekorat mengatakan, semua sekolah tingkat TK, SD, SMP di Kota Mataram sudah diberikan larangan terkait jual beli seragam sekolah.

‘’Sudah ada instruksi juga dari kepala dinas sudah ada, tidak diperbolehkan. Kalau ada yang jual beli, kita tindak tegas,’’ katanya, kepada Radar Lombok, Rabu kemarin, (24/7).

Dari hasil pemantuan tim saber pungli, tidak  ada lagi sekolah yang melakukan praktik jual beli seragam. Pembelian seragam diserahkan sepenuhnya ke orangtua siswa.

Dikatakan Alwan, sesuai dengan Permendikbud nomor 75 tahun 2016 pihak sekolah tidak diperbolehkan untuk menjual seragam ke siswa. ‘’Semua kepala sekolah (Kasek) juga sudah dipanggil.  Tidak ada lagi pemaksaan beli seragam ke siswa, mereka boleh beli di luar sekolah,’’ tegasnya.

Sementara  seragam ciri khas sekolah, kata Alwan, seperti baju olahraga dan seragam imtak, sekolah tidak sembarangan, harus ada hasil musyawarah dengan orang tua siswa dan komite sekolah.

Ia juga meminta masyarakat memberikan laporan ketika ada sekolah yang melakukan praktik jual beli seragam.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kota Mataram, HL Fatwir Uzali mengatakan, sesuai dengan aturan yang sudah ada. Semua kepala sekolah sudah diberikan imbuan terhadap larangan jual beli seragam. Semua sekolah sudah menaati aturan yang ada dan tidak ada lagi praktik jual beli seragam.

Ia juga terus melakukan pemantuan di setiap sekolah serta meminta masyarakat melapor, jika ada praktik pungutan yang tidak sesuai dengan aturan.

Terpisah, anggota Komisi IV DPRD Kota Mataram HM Faesal mengatakan, untuk kasus jual beli seragam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2019 hampir tidak ditemukan. Komisi IV DPRD Kota Mataram juga melakukan pemantuan di beberapa sekolah.

‘’Kita belum temukan ada sekolah yang jual beli seragam,’’ katanya. (dir)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid