Sekolah Swasta di Mataram Berpotensi Bubar

ILUSTRASI Sekolah
ILUSTRASI Sekolah

MATARAM—Rencana pembangunan dua SMA baru di Kecamatan Ampenan dan Kecamatan Cakranegara oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) NTB membuat SMK swasta was-was. Rencana ini dianggap berpotensi membuat sekolah swasta bubar dan gulung tikar.

Mantan Ketua Forum Sekolah Swasta (FSS) Kota Mataram, Muhiddin mengatakan, rencana pembangunan dua SMA baru di dua kecamatan tersebut berdampak buruk bagi kelangsungan sekolah jenjang SMA swasta. Dua sekolah yang direncanakan tersebut bisa berpotensi membuat sekolah swasta gulung tikar.

Muhiddin yang juga kepala SMA Hang Tuah 3 Mataram ini mengatakan, saat ini saja di Kota Mataram masih memiliki 8 SMA negeri dan 9 SMK negeri. Sekolah swasta sudah banyak yang gulung tikar dan banyak yang juga sudah mulai sekarat.

“Apalagi nanti kalau ada tambahan dua SMA baru. Kondisi sekolah swasta akan smakin sekarat,” ungkapnya, Selasa (1/8).

Bayangkan, lanjutnya, jika dua SMA baru ini terbangun, maka sekolah swasta yang berada di setiap kecamatan akan kebingungan. Mengingat SMA negeri yang baru itu akan merekrut siswa dengan leluasa.

Menurutnya, jika Dikbud NTB punya komitmen menghidupkan SMA swasta, praktis pembangunan 2 SMA itu dianggap tidak perlu. Ia menyarankan pemerintah hendaknya memberikan ruang terhadap sekolah swasta.

“Nasib kita yang di sekolah swasta kok semakin amburadul, habis cerita PPDB yang membuat kita sekarat, sekarang muncul lagi rencana rencana yang akan jelas membuat kita mati,” tambahnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Dikbud NTB, H. Muhammad Suruji mengatakan, rencana pembangunan dua SMA baru di dua kecamatan tersebut atas dasar pertimbangan akibat proses PPDB yang sempat carut marut di wilayah Kota Mataram. Rencana tersebut murni dibuatnya sebagai solusi mengatasi terjadinya desakan dari masyarakat.

Adapun kaitannya dengan sekolah swasta, ditegaskannya, pihaknya sudah mempersiapkan perhatian khusus. Bahkan belum lama ini, pihaknya sudah merencanakan akan gelontorkan bantuan terhadap sekolah swasta berupa komputer dan server. (cr-rie)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid