Sekolah Rujukan Tidak Siap UNBK

Harmain (Janwari Irwan/Radar Lombok)

SELONG–Peraturan pemerintah menerapkan Ujian Nasional Berbasis Komputer(UNBK) seperti tidak akan bisa berjalan mulus. Pasalnya sekolah yang akan menjadi rujukan saja tidak siap menerapkannya.

Kepala Unit Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sakra Barat, Harmain menegaskan, di Kecamatan Sakra Barat saat ini tidak ada sekolah yang menyatakan siap dengan UNBK. Padahal tidak sedikit diantara sekolah tersebut sudah ditetapkan sebagai rujukan.

“Meskipun nantinya akan ada sekolah rujukan di masing–masing kecamatan, saya rasa sekolah itu belum siap untuk UNBK. Apalagi di Kecamatan Sakra Barat tidak akan ada sekolah yang siap,” ungkapnya, Kamis (5/1).

[postingan number=3 tag=”unbk”]

Penerapan UNBK sejatinya untuk sekolah sekolah yang sudah berfasilitas lengkap. Namun untuk sekolah yang ada di kecamatan ini disebutnya masih jauh dari kelengkapan fasilitas yang mendukung. Kekurangan yang dirasakan bukan pada saja pada jumlah unit komputer, melainkan pada minimnya jaringan internet.

Di Kecamatan Sakbar, ujarnya, hanya ada dua SMP berstatus negeri. Sementera selebihya merupakan madrasah tsanawiyah yang dikelola swasta. Dari semua lembaga pendidikan tersebut, tak ada satupun yang sudah menyatakan kesiapannya melaksanakan UNBK. (cr-wan)