Sekolah Pinggiran Diminta Berbenah

Saiful Islam (Dok/Radar Lombok)

SELONG – Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) hingga hari ini masih berlangsung di jenjang pendidikan SMP maupun tingkat SMA. Namun masih ada sekolah yang sepi peminat terutama sekolah-sekolah pinggiran dan sekolah swasta.

Kepala UPTD Layanan Dikmen dan PK-LPK Dikbud NTB Lotim, Saiful Islam, meminta sekolah untuk berbenah. Tujuannya agar calon siswa berminat masuk ke sekolah tersebut.

“Saya minta sekolah berbenah, lebih-lebih sekolah swasta dan yang berada di pinggiran. Sehingga anak-anak didik ingin masuk ke sekolah itu,” katanya, Sabtu (8/7).

Ditegaskannya, pada saat ini sekolah-sekolah yang paling bagus merupakan sekolah yang ada di dekat rumah siswa. Sekolah-sekolah yang berada di zonasi masing-masing. Pasalnya sekolah-sekolah yang jangkauannya cukup jauh memiliki kualitas yang juag bersaing.

Diketahui sambungnya, bagi siswa yang mempunyai hafalan Alqur’an sebanyak 3 juz bisa memasuki sekolah yang dinginkan. Yang bersangkutan bebas memilih sekolah mana saja yang diinginkan.

Pasalnya sekolah saat ini sudah disiapkan jalur tahfiz yang diperuntukkan bagi siswa dan siswi yang menhapal Alqur’an. “Jadi bagi siswa yang menghapal Alqur’an bisa memilih jalur prestasi atau jalur tahfiz,” tegasnya. (cr-wan)