Sekolah di Mataram Gagal Dapat Bansos

Sumber Foto medan.tribunnews.com

MATARAM—Bantuan sosial (Bansos) pemerintah pusat melalui Dewan Pendidikan Kota Mataram untuk semua jenjang sekolah untuk 2016 ini gagal total. Semua sekolah urtung mendapatkan bantuan lantaran adanya pemangkasan anggaran.

Ketua Dewan Pendidikan Kota Mataram, H Adnan Muchsin membenarkan, Bansos 2016 ini untuk semua jenjang sekolah. Kegagalan sekolah di Mataram mendapat jatah Bansos setelah pihaknya mendapat permakluman dari pusat.

“Ini tidak terjadi di Kota Mataram saja. Nyaris semua daerah di Indonesia juga mengalami masalah serupa,” ungkapnya, Jumat (26/8).

Lantaran itu, pihaknya mengaku cukup pusing. Penyebabnya, sekolah-sekolah yang ada sudah cukup yakin akan dijatah anggaran tahun ini. Agar tidak menjadi polemik, pihaknya pun lantas membuat surat permakluman yang ditujukan ke sekolah-sekolah. Permakluman itu bersisi kabar tentang pemangkasan dan rasionalisasi anggaran dari pusat.

Andai sekolah-sekolah di Kota Mataram mendapat bansos, jelasnya, besarannya cukup variatif. Untuk jenjang SD akan dijatah Rp 25 juta. Sedangkan untuk jenjang SMP dan SMA kemungkinan dijatah sekitar Rp 30 juta.

Terjadinya pemangkasan di tingkat pusat, bebernya, berdampak pada integritas Dewan Pendidikan. Karena itu, pihaknya tidak ingin muncul persepsi aneh-aneh dengan cepat mengambil tindakan. “Itu sebabnya kenapa kita harus cepat bersurat ke sekolah untuk member permakluman,” tandasnya. (cr-rie)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid