Sekolah Diminta Alokasikan Biaya ANBK dari BOS

EVALUASI : Kabid Dikdas Disdik Kota Mataram Hj Sabariah saat melakukan evaluasi perubahan data pengelolaan BOS bersama kepala SD. (ABDI ZAELANI/RADAR LOMBOK)

MATARAM – Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Mataram melakukan evaluasi perubahan data dalam pelaksanaan pengelolaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dan bantuan operasional penyelenggaraan pendidikan anak usia dini (BOP PAUD) jenjang PAUD, SD, SMP negeri dan swasta se-Kota Mataram. Pelaksanan evaluasi itu berlangsung di Aula Disdik Kota Mataram dengan melibatkan semua kepala SD se-Kota Mataram 22 – 25 September 2021.

Kepala Bidang Pembinaan Pendidikan Dasar Disdik Kota Mataram Hj Sabariah mengatakan, pelaksanaan evaluasi perubahan data ini dilakukan setiap tahun dikarenakan ada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) secara otomatis siswa yang ada di satuan pendidikan tersebut ada yang berkurang dan ada juga bertambah.

BACA JUGA :  Bintang Toedjoe Edukasi Pelajar SMAN 2 Aikmel Penggunaan Obat

“Jumlah siswa tersebut memengaruhi alokasi BOS, itu yang kita rampungkan saat ini bersama semua kepala sekolah,” kata Kabid Dikdas Disdik Kota Mataram Hj Sabariah kepada Radar Lombok.

Dijelaskan, ada juga perubahan rencana kegiatan dan anggaran sekolah (RKAS) disebabkan ada pembiayaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK). Hal tersebut juga sudah disampaikan kepada semua kepala sekolah terkait dengan pembiayan tersebut. Karena itu, Disdik menyarankan bagi sekolah yang dananya bertambah digunakan untuk kegiatan ANBK. Namun bagi sekolah yang mendapatkan siswa tetap atau berkurang, mereka bisa mengambil dari anggaran lain untuk mensukseskan ANBK ini.

BACA JUGA :  Prof Hadi Fadli Siap Menjadikan UIN Mataram Berkelas Asia

Menurutnya, program ANBK ini yang diluncurkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) sebagi pengganti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) menjadi Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) .

Secara umum, ANBK adalah penilaian yang dilakukan di setiap jenjang sekolah, mulai dari SD, SMP, SMA/SMK dan sederajat.

Semenatara Kepala itu, SDN 2 Mataram, Ketut Matra mengatakan, kegiatan evaluasi ini supaya pelaksanaan ANBK berjalan lancar ditopang dengan anggaran BOS.

“Kalau tahun sebelumnya AN tidak ada, makanya diperubahan ini ada sehingga kita anggarkan melalui BOS,” jelasnya. (adi)