Sejumlah Rumah Terendam di Awang Lombok Tengah

TERENDAM: Sejumlah rumah di Dusun Awang Balak, Desa Mertak, Kecamatan Pujut, Lombok Tengah terendam karena tingginya intensitas hujan, Rabu (20/1/2021) (IST/RADARLOMBOK.CO.ID)

PRAYA–Intensitas hujan yang cukup tinggi menyebabkan sejumlah rumah di Dusun Awang, Desa Mertak, Kecamatan Pujut, Lombok Tengah terendam, Rabu (20/1/2021).

Kapolres Lombok Tengah AKBP Esty Setyo Nugroho, S.I.K melalui Kapolsek Kuta IPTU Muh. Fajri, S.TrK membenarkan peristiwa itu. Sedikitnya empat rumah warga tergenang. “Kami baru tahu setelah personel bersama Bhabinkamtibmas turun langsung kelokasi tadi, Rabu (20/1/2021) siang sekitar pukul 11.30 WITA, namun air belum sampai masuk ke dalam rumah warga,” ujarnya.

Sementara itu, Bhabinkamtibmas Desa Mertak Bripka Ahmad Gunarta mengatakan titik lokasi genangan air yaitu tepat di depan pintu masuk KKP Awang. Genangan air diperkirakan terjadi dikarenakan kurangnya saluran pembuangan yang menuju ke laut.  “Ada dua saluran air pembuangan yang menuju ke laut, namun kedua saluran tidak bisa menampung debit air tatkala curah hujan terus meningkat,” ujar Bripka Gunarta usai cek lokasi.

Lanjut Gunarta, setelah melihat kondisi lokasi, dia mengajak masyarakat setempat bergotong royong membersihkan saluran-saluran air yang ada. Hal tersebut dilakukan sebagai upaya mencegah terjadinya genangan air yang lebih besar, dan akan berdampak luas terhadap pemukiman warga yang diakibatkan curah hujan yang tidak menentu. “Kita juga mengajak warga setempat untuk lakukan pembersihan, takutnya curah hujan beberapa hari ke depan tambah meningkat sehingga akan mengakibatkan genangan air kembali,”pungkasnya. (sal)