Sejumlah Pengemis Terjaring Razia

RAZIA : Satgas Sosial menangkap pengemis yang beroperasi di Kota Mataram (Sudir/Radar Lombok)

MATARAM-Sejumlah pengemis terjaring razia yang digelar Satgas Dinas Sosial Kota Mataram kemarin. Petugas menyisir titik-titik yang menjadi pangkalan para pengemis.

Diantaranya mereka ditangkap tanpa perlawanan di Jalan Pejanggik depan Bank Danamon. Selanjutnya petugas melakukan penyisiran di pusat perbelanjaan seperti Nataram Mall, Lombok Eficentrum Mall dan pusat perbelanjaan lainnya.

Kepala Dinas Sosial Lalu Indra Bangsawan mengatakan, sejak awal ramadan sampai hari ke empat pihaknya telah menangkap sejumlah gelandangan, pengemis, yang beroperasi di Kota Mataram. ‘’ Semua rata-rata dari luar Kota Mataram, ada yang dari Lombok Tengah, Lombok Barat Lotim,” katanya kemarin.

Banyak modus dilakukan, diantaranya dengan membawa surat permohonan amal mengatasnamakan pondok pesantren atau yayasan sosial tertentu. Petugas telah menangkat satu oknum yang saat beraksi membawa kotak amal bertuliskan Yayasan Nurul Ihsan Madura Jawa Timur.

Pihaknya telah mengembalikan mereka ke daerah asal setelah didata. Mantan Asisten I Setda Kota Mataram ini meminta pemerintah asal mereka melakukan pembinaan supaya mereka tidak muncul di Mataram.

Selama ini rata-rata alasan mereka alasan ekonomi. “ Kita sudah minta masyarakat juga tidak memberikan dalam bentuk apapu. Baik makanan maupun uang, sehingga mereka tidak  terbiasa meminta,” singkatnya.(dir)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid