Segala Anyar Jadi Desa KB

Ilustrasi Desa KB

PRAYA– Desa Segala Anyar Kecamatan Pujut Lombok Tengah (Loteng) akhirnya menobatkan diri sebagai salah satu desa Keluarga Berencana (KB).

Kepala Desa Segala Anyar, Muksin  menuturkan keinginannya menjadikan desanya sebagai desa pelopor dalam KB, mengingat desa yang ia pimpin saat ini sudah menjalankan program KB di semua dusun yang ada.   Pihaknya berkomitmen melanjutkan program tersebut menjadi sebuah program unggulan. “Program KB ini sebenarnya telah dimulai dari tingkat bawah, melihat keberlangsungan program tersebut, kami berinisiatif menjadikannya program unggulan,'' katanya Rabu kemarin (30/11).

Baca Juga :  Dana Kelurahan tak Sebanding Dana Desa

Diakui Muksin, untuk menjadikan program ini sebagai unggulan tetap ada hambatannya. Masih ada warga yang tidak mengerti pentingnya mengikuti program KB ini. “Rendahnya pengetahuan masyarakat ini menjadi salah satu risiko program unggulan ini,” akunya.

Pihaknya tambah Muksin, akan terus mensosialisasikan akan penting dan besarnya manfaat menggunakan KB  untuk mengontrol kelahiran anak.

Sementara itu Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana  (BPPKB), H. Omdah, SKM MM mengatakan,  sejumlah desa sudah mulai dijadikan pilot projek pengembangan program ini.  Diantaranya, Desa Darek Kecamatan Praya Barat Daya, Aik Darek Kecamatan Batukliang Loteng dan beberapa desa lainnya.

Baca Juga :  Desa Telaga Waru Prioritaskan Sampah dan Air Bersih

 Diharapkan mampu menjadi garda depan, dalam program KB, sehingga pada akhirnya nanti beberapa desa tersebut bisa dijadikan lokasi studi banding bagi sejumlah desa lainnya. (cr- ap)

Komentar Anda