Sebut Nama Cawapres, Jokowi Dinilai Sedang Mengulur Waktu

Jokowi
Presiden Jokowi

JAKARTA – Presiden Jokowi mulai membocorkan nama kandidat cawapres yang sudah dikantonginya. Kalau sebelumnya tak pernah menyebut nama, kali ini mantan Wali Kota Solo itu mengeja satu nama pendampingnya di Pilpres 2019. “Nama itu sudah ada di saku saya, sudah ada di saku saya. Saya harus ngomong apa adanya, salah satu nama itu adalah Pak Muhaimin Iskandar,” kata Jokowi di sela-sela kunjungan kerjanya di Palembang kemarin (14/7).

Hanya, Jokowi tidak menyebutkan siapa nama lain yang ada di kantongnya. Namun, dia menyebutkan bukan hanya ketua umum DPP PKB yang berpeluang. “Dua hari yang lalu, sudah saya sampaikan ada lima. Dah ya sudah,” imbuhnya.

Pernyataan Jokowi tersebut disampaikan tidak lama setelah PKB mendeklarasikan dukungan politik. Cak Imin sapaan Muhaimin Iskandar  yang mendampingi Jokowi meninjau venue Asian Games di Palembang secara mengejutkan menyampaikan dukungannya kepada Jokowi dalam ajang Pilpres 2019.

Meski sudah membentuk banyak posko Join (Jokowi-Cak Imin) di berbagai daerah, kemarin merupakan deklarasi resmi dukungan PKB kepada Jokowi. Dengan demikian, PKB menjadi partai kesembilan yang mendukung Jokowi dalam pilpres. Sebelumnya dukungan disampaikan PDIP, Golkar, Hanura, PPP, Nasdem, PKPI, Perindo, dan PSI.