Seberapa Laku Duet Prabowo-Puan di NTB?

Prabowo subianto - Puan Maharani (ist)

MATARAM–Partai Gerindra dan PDIP tengah mesra. Kemesraan dua parpol itu disinyalir terkait kemungkinan koalisi dua parpol itu di Pilpres 2024.

Prabowo-Puan disebut-sebut menjadi pasangan yang akan diusung. Lantas, seberapa kuat pasangan Prabowo-Puan di NTB?

Pengamat Politik UIN Mataram Ihsan Hamid menilai, Prabowo-Puan tidak akan sekuat Prabowo-Sandi pada Pilpres 2019 lalu, yang mampu menang di NTB dengan dukungan 70 persen.

Ihsan menilai, ada perubahan cukup signifikan terkait persepsi publik NTB terhadap Prabowo yang dinilai tidak konsisten, bersifat pragmatis dan bukan sentra oposisi lagi, dengan keputusan Prabowo bergabung ke pemerintahan Jokowi.

Hal itu memunculkan kekecewaan cukup signifikan di tingkat pemilih Prabowo-Sandi pada Pilpres 2019 di NTB. “Sikap Prabowo menjadi blunder tersendiri di masyarakat pemilih di NTB pada Pilpres 2019,” jelas Ihsan kepada Radar Lombok.

BACA JUGA :  Suhaili Berpeluang Jadi Ketua DPW NasDem NTB

Apalagi jika Prabowo akan berpasangan dengan Puan Maharani, maka akan sangat sulit untuk pasangan ini mengulang suksesnya raihan suara Prabowo-Sandi di NTB.

Puan dinilai memiliki elektabilitas cukup rendah. Puan juga diketahui tidak terlalu punya prestasi yang bisa mengerek elektabilitas di tingkat pemilih. Sebab itu, pemasangan baliho dan pembagian beras sebagai upaya mengerek elektabilitas tak akan berpengaruh signifikan.

Kemudian kuat tidaknya Prabowo-Puan di NTB, juga sangat ditentukan siapa rivalnya nanti. Jika rivalnya adalah Anies-Ganjar atau Ganjar-Anies, maka sangat potensial Anies-Ganjar atau sebaliknya bisa mengulang sukses Prabowo-Sandi di NTB. Mengingat ada ekspektasi cukup besar di masyarakat kepada Anies-Ganjar. “Anies-Ganjar ini jadi favorit baru masyarakat di NTB,” terangnya.

BACA JUGA :  Zulkieflimansyah : Anak Sekotong Harus Berani Taklukkan Dunia

Sementara itu, Pengamat Politik Universitas Mataram Dr Saipul Hamdi mengungkapkan, Prabowo-Puan berasal dari koalisi pendukung pemerintahan Jokowi. Publik tidak terlalu melihat sejauh mana prestasi Prabowo sebagai Menhan, dan Puan sebagai Ketua DPR RI. Sehingga diyakini, Prabowo tak akan bisa mengulang sukses raihan suara di NTB. “Prabowo-Puan ini berat untuk bisa menang di NTB,” pungkasnya. (yan)