Sebelum Tampil di Ajang Moto3 Spanyol, Mario Jajal Sirkuit Mandalika

JAJAL SIRKUIT MANDALIKA: Pembalap kebanggaan Indonesia, Mario Suryo Aji yang akan tampil di seri Moto3 GP, saat keluar dari paddock untuk menjajal menjajal Sirkuit Mandalika untuk latihan, Rabu (19/1).(FAISAL HARIS/RADAR LOMBOK)

PRAYA — Sebelum berangkat ke Spanyol untuk persiapan tampil di ajang Moto3 2022, pembalap kebanggaan Indonesia, Mario Suryo Aji menjajal sirkuit Mandalika dalam sesi latihan selama tiga hari, 17-19 Januari 2022.

Mario sapaan akrab remaja kelahiran 16 Maret 2004 di Magetan, Jawa Timur itu mengaku terkesan ketika mencoba lintasan Sirkuit Mandalika, yang tahun ini juga akan menjadi tuan rumah seri MotoGP 2022. “Tidak cuma treknya yang bagus, tapi view-nya (pemandangan) juga cantik. Jadi saya bangga dan tidak sabar untuk mengulangi lagi latihan di Sirkuit (Mandalika) ini,” kesan Mario saat ditemui wartawan, usai latihan, dengan didampingi Gubernur Jawa Timur (Jatim), Dra. Hj. Khofifah Indar Parawansa, Rabu (19/1).

Mario yang merupakan pembalap binaan PT Astra Honda Motor (AHM), akan bergabung bersama Tim Honda Team Asia (HTA) dalam ajang Moto3 musim 2022, dan akan menjalani persiapan mulai tanggal 23 Januari ke Spanyol.

Terlebih dalam ajang Moto3 nanti, dia akan tampil di 21 seri di sirkuit dibeberapa negera. Termasuk di Sirkuit Mandalika pada Maret mendatang. “Ya pasti akan turun disini (Sirkuit Mandalika) juga nanti pada bulan Maret,” ucapnya.

Mario juga mengaku kagum dengan keindahan Sirkuit Mandalika yang berada di pinggiran pantai yang dikeliling dengan perbukitan. Tentu hal ini membuat para Rider dan penonton menjadi betah selama berada di Mandalika. “Pembalap maupun penonton tidak akan bosan ke Mandalika,” ucapnya Mario, yang kini masih duduk dibangku SMA 1 Magetan ini.

BACA JUGA :  Perslobar Juara Piala Soeratin U-15

Mario juga optimis bisa tampil maksimal dalam ajang Moto3. Sehingga sebelum laga seri pertama dimulai, ia akan fokus untuk berlatih. Sehingga dapat keluar sebagai juara agar dapat mengharumkan nama Indonesia dikancah dunia.

Sementara Gubernur Jawa Timur (Jatim), Dra. Hj. Khofifah Indar Parawansa, yang hadir mengunjungi Mario dalam sesi latihan di Sirkuit Mandalika, sekaligus sebagai rangkaian kunjungan kerjanya ke NTB, mengaku salah satu agendanya ke NTB adalah ingin memberikan dukungan langsung kepada Mario yang sedang berlatih di sirkuit kebanggaan Indonesia ini.

“Pokoknya mohon doa semuanya. Mario ini satu-satunya yang saat ini membalap di Moto 3 GP dari Indonesia. Tentu kita berharap mencapai sukses disetiap seri tahun ini,” harapnya.

Terlebih katanya, dari informasi yang diterima bahwa Mario akan turun di 21 seri dalam ajang Moto3. Termasuk nanti akan turun di seri balapan di Sirkuit Mandalika. “Jadi ini bagian penting untuk jadi penapakan suksesnya Mario dalam perhelatan balap di masa-masa yang akan datang,” katanya.

Menurut mantan Menteri Sosial RI ini, Mario menjadi salah satu kebanggaan warga Jawa Timur yang mampu mengharumkan nama baik Indonesia diajang balap motor berkelas internasional. “Bagi kami warga Jawa Timur, tentu kebanggaan luar biasa bahwa seorang Mario terlahir di Magetan, Jawa Timur. Dan bagi bangsa Indonesia, ini adalah aset yang luar biasa,” ujarnya.

BACA JUGA :  Pengalaman Berharga bagi Laskar Undru

Untuk itu katanya, doa dari masyarakat Indonesia tentu sangat diharapkan untuk mengiringi Mario berlaga di area sirkuit manapun. Mengingat dalam ajang Moto3, Mario akan berlaga di beberapa negara. “Mudah-mudahan sukses semua,” doanya.

Gubernur Jatim ini juga sangat mendukung Mario yang akan tampil diajang Moto3. Bahkan dukungan wajib diberikan kepada putra kelahiran Jatim itu. “Mario tidak sendiri, kami tetap bersama Mario, bahkan seluruh masyarakat Indonesia mendukungnya,” sambungnya.

Disisi lain, Khofifah juga menyampaikan sudah beberapa kali berdiskusi dengan Gubernur NTB, Zulkieflimansyah mengenai kerja sama. Seperti peran UMKM dan produknya yang akan menjadi oleh-oleh di Mandalika. “Bahkan saya sudah 3 kali bertemu Pak Gubernur Zul, membicarakan potensi yang dimiliki kedua daerah seperti merchandise, produk UMKM dan lainnya,” terangnya.

Ia juga memuji keindahan dan keeksotisan Sirkuit Mandalika, dan keelokan alam disekitarnya, sebagai sirkuit bertaraf internasional yang manjadi kebanggaan bangsa Indonesia.

Sementara Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi NTB, HL. Gita Ariadi yang mewakili Gubernur NTB untuk mendampingi Gubernur Jatim mengatakan, bahwa kehadiran Gubernur Jatim ke NTB tidak lain sebagai bentuk dukungan langsung kepada Mario, yang kini sedang menjalani latihan di Sirkut Mandalika.

“Kunjungan Gubernur Jatim adalah wujud dukungan untuk Mario yang akan mengikuti 21 seri Moto3 GP di 16 Negara, termasuk di Indonesia, tepatnya di Sirkuit Mandalika,” katanya. (sal)