Sebelum Pindah Tugas, Iqbal Resmikan 12 Gedung

PERESMIAN: Kapolda NTB Irjen Pol Mohammad Iqbal saat peresmian 12 gedung di halaman gedung TK Kemala Bhayangkari 01 Mataram, diikuti Polres jajaran melalui aplikasi Zoom meeting, Sabtu (25/12). (IST FOR RADAR LOMBOK)

MATARAM–Sebelum melepas tugasnya sebagai Kapolda NTB, Irjen Pol Mohammad Iqbal SIK MH meresmikan 12 inovasi pembangunan infrastruktur sarana dan prasarana penunjang di Polda NTB dan Polres jajaran selama dia menjabat sebagai Kapolda NTB mulai Mei 2020 lalu.

Peresmian 12 gedung tersebut terpusat di halaman gedung TK Kemala Bhayangkari 01 Mataram, diikuti Polres jajaran melalui aplikasi Zoom meeting, Sabtu (25/12).

Iqbal berharap, semua inovasi yang dilakukan termasuk pembangunan 12 gedung tersebut dapat bermanfaat bagi kemajuan profesi Polri terlebih untuk kepolisian di NTB.

“Saya berharap dengan inovasi ini dapat menunjang kemajuan profesi bagi anggota Polri di NTB untuk lebih maksimal memberikan pelayanan kepada masyarakat dan menjaga Kamtibmas yang damai, kondusif dan berkah,” terangnya.

Segala bentuk inovasi pembangunan infrastruktur sarana dan prasarana penunjang di Polda NTB, seperti gedung TK, TPQ dan Tahfiz juga Rumkit serta gedung penunjang kerja kepolisian dalam melayani dan mengayomi masyarakat di NTB, Iqbal berharap hal itu dapat menjadi suatu amal yang dapat mendatangkan keberkahan untuk dirinya dan semua personel di Polda NTB.

BACA JUGA :  Setelah Bentrok, Dua Kampung Berdamai

Dikatakan, sehebat apapun strategi yang dilakukan, tanpa adanya doa dan ikhtiar yang berorientasi kepada kepentingan agama, dia yakin Allah SWT atau Tuhan Yang Maha Kuasa tidak akan memberikan jalan untuk memudahkan langkahnya, menggapai keberkahan sebagai bekal diakhirat kelak. Namun karena didukung oleh doa dan niat ikhlas, semua inovasi yang dilakukan berjalan lancar.

Dikatakan, tugas kepolisian bukan hanya penegakan hukum saja, namun juga membentuk karakter bangsa yang beriman, bertakwa serta berguna untuk bangsa juga menjadi tugas Kepolisian yang berikutnya. “Kerja-kerja yang disertai doa dan ikhtiar, dan berorientasi kepada agama, kami yakin Allah SWT atau Tuhan Yang Maha Kuasa, memudahkan langkah kami dalam menciptakan manusia yang beriman dan berakhlakul karimah. Tentu itu menjadi tugas polisi juga, kami ingin mendapat berkah, dan keberkahan itu nanti dapat memudahkan Polda NTB memelihara Kamtibmas,” pungkasnya.

Sementara Kepala Biro Logistik (Karolog) Polda NTB Kombes Pol Beny Basir Warmansyah menjelaskan 12 gedung yang diresmikan Kapolda NTB itu, dua di antaranya berasal dari hibah, satu gedung dari SBSN dan 9 berasal dari anggaran DIPA tahun 2021.

BACA JUGA :  Pemkot Tegaskan Rekanan JPS Kredibel dan Bermodal

Dikatakan, 1 gedung berasal dari hibah Pemkot Mataram, berupa pembangunan Gedung TK Kemala Bhayangkari 01 Mataram. Berikutnya, pembangunan gedung yang berasal dari dana umat, di antaranya, Gedung Taman Pendidikan AL-Quran Baitussalam Kemala Bhayangkari dan Kantor Persatuan Purnawirawan (PP) Polri serta Rumah Potong Hewan Masjid Baitussalam Polda NTB.

Selanjutnya, Pembangunan Rumah Susun Polres Lombok Barat dua lantai, sumber anggaran dari Surat Berharga Syariah Nasional (SBSN). Untuk 9 gedung yang dibangun berdasarkan anggaran DIPA tahun 2021 yakni, pembangunan Gedung Graha Presisi Rumkit Bhayangkara Mataram 3 lantai, gedung Satpas Sim Polres Lombok Barat, Mako Polsubsektor Labuhan Badas Polres Sumbawa, Mako Polsubsektor Kota Sumbawa, Rumah Susun Polres Sumbawa, Rumah Jabatan Kabag Ren Polres Dompu, Rumdin Polsek Woja Polres Dompu Pembangunan Polsek Monta Polres Bima, serta Mako Polsubsektor Soromandi Polres Bima. (der)