Sebagian Besar Petahana Tumbang

Partisipasi Pemilih Diklaim Tinggi

PANTAU : Bupati H. Fauzan Khalid bersama Ketua DPRD Lobar Hj. Nurhidayah memantau pelaksanaan Pilkades di sejumlah TPS di Lombok Barat kemarin. (Fahmy/Radar Lombok)

GIRI MENANG – Pemungutan suara Pilkades serentak di 24 desa di Lombok Barat berlangsung kemarin. Catatan yang menarik, sejumlah calon petahana tumbang. Kades terpilih didominasi oleh pendatang baru

Dari data Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Lombok Barat, sebanyak 15 calon Kades yang merupakan calon petahana. Dari jumlah itu, Sembilan orang kalah, sisanya terpilih kembali.”Ada 15 Cakades petahana yang ikut kembali,” kata Kepala Dinas PMD Lobar, Hery Ramadhan, Kamis (12/7).

Di Desa Senteluk, Fuad Abdul Rahman terpilih kembali. Untuk Desa Batulayar Barat, H. Darmawan, tumbang. Di Desa Taman Sari, petahan, H. Ichsan juga kalah. Menyusul di Desa Batu Kuta M. Misrafuddin kalah oleh rivalnya.

Di Desa Gerimak Indah, Habibullah, juga tumbang, begitu juga di Desa Perampuan, Sarhan, kalah. Di Desa Kuripan Selatan, Zulkarnain, juga  kalah. Sementara itu di Desa Giri Sasak, Cakades petahana, Hamdani terpilih kembali.

Di Desa Mareje, Nurudin, tidak bisa mempertahankan kekuasaannya. Hal berbeda di Desa Jembatan Kembar Timur, H. Ismail Darwan terpilih kembali. Desa Eyat Mayang, H. Rabai, gagal kembali terpilih, dan di Babussalam, M. Zaini juga tumbang.

BACA JUGA :  Lobar Siapkan Satu Hotel Jadi Rumah Sakit Darurat

Desa  Cendimanik, Marne terpilih kembali. Kemudian di Desa Taman Baru, H. Fadillah terpilih kembali, sementara di Desa  Sembung, H. Ali Abdul Sahid (Pj. Kades) juga terpilih.”Ada dua Pjs Kades yang ikut Pilkades dan terpilih,” katanya.

Adapun Kades baru masing-masing Desa Kedaro H. Mustapa.  Desa Taman Baru H. Fadilah (petahana), Desa Cendimanik Merne, Desa Eat Mayang Munawir Haris, Desa Mareje H. Muchsin, Desa Jembatan Kembar Timur H. Ismail, Desa Beleka Islahudin, Desa Babussalam H. Ramli, Desa Banyu Urip  H. Selamet, Desa Kuripan Utara Asmawi. Desa Jagaraga Hasyim, Desa Giri Sasak Hamdani, Desa Kuripan Selatan Satriawan, Desa Sembung H. Ali A. Syahid, Desa Batu Kute Edy Ansori, Desa Gerimak Indah Suhardi, Desa Parampuan HM. Zubaidi, Desa Labuapi Amanah, Desa Kuranji Dalang Sidik, Desa Mambalan H. Sayyid Abdul Alkaff, Desa Taman Sari Zaini, Desa Senteluk H. Fuad Abdul Rahman, Desa Senggigi Mastur, dan Desa Batulayar Barat Musahab.

BACA JUGA :  Kasus RTG Sigerongan Jalan di Tempat

Bupati Lombok Barat H. Fauzan Khalid bersama Ketua DPRD Lobar Hj. Nurhidayah turun memantau pelaksanaan Pilkades.” Alhamdulillah dari hasil pantauan kami, pelaksanaan Pilkades berlancar lancar dan aman,” kata bupati.

Tim pemantau dibagi menjadi tiga. Bupati menyebut angka partisipasi pemilih cukup memuaskan, rata-rata 70-80 persen.” Ini sangat tinggi sekali tingkat partisipasinya, bisa di atas 80 persen, ini sangat bagus sekali,” tegasnya.

Bupati berharap Pilkades berjalan lancar dan aman hingga semua tahapan selesai. Jika ada yang tidak puas dengan hasil Pilkades, bupati berharap bisa diselesaikan dengan lewat jalur yang ada. “Kalau gugatan kita tidak bisa menghambat, malah kita bersyukur ada yang menempuh jalur hukum, ketimbang menempuh di luar jalur hukum,” tegasnya.

Malah sekarang ini kata bupati, ada juga panitia yang digugat berkaitan dengan adanya bakal calon yang tidak lolos.”Silahkan asalkan melewati jalur hukum, dengan cara ini artinya masyarakat kita sudah taat hukum,” tegasnya.(ami)