SDN Embung Karung Selenggarakan Eskul Memasak

MEMASAK: Murid-murid SDN 1 Embung Karung tengah menajalani eskul memasak di sekolahnya.

PRAYA—SDN Embung Karung, Kecamatan Kopang, Kabulaten Lombok Tengah menyelenggarakan program ekstrakurikuler (eskul) memasak. Kegiatan diselenggarakan seminggu sekali.

Kepala SDN Embung Karung, H Basarudin mengatakan, kegiatan ini diikuti sekitar 40 orang murid. Peserta eskul dibagi ke dalam kelompok dengan jumlah yang telah ditentukan.

“Setiap minggu, guru pembimbing akan menentukan tema atau jenis masakan yang akan dibuat. Sementara peralatan memasak dibantu pihak sekolah,” ungkapnya, Senin (24/10).

Dalam eskul ini, jelasnya, murid yang mengikuti kegiatan cukup antusias. Setiap kali kegiatan dilaksanakan, jajaran guru bertindak sebagai taster (juru cicip). Pihaknya menilai kegiatan ini banyak manfaatnya, terutama untuk mendidik murid agar lebih terampil.

Karena ini adalah kegiatan eskul, jelasnya, rasa masakan tidak menjadi orientasi hasil yang diprioritaskan. Lebih dari itu, pihak sekolah hendak menanamkan semangat kepada siswa agar lebih terampil.

Keterampilan memasak, ungkapnya, merupakan ketarampilan dasar dalam berumah tangga. Kedepan, jika murid-murid sekolah ini dewasa dan menapaki kehidupan rumah tangga diharapkan aka nada bekal keterampilan yang dimiliki.

Di lain sisi, ujarnya, keterampilan ini dihajatkan agar murid lebih menghargai orantua mereka. Ini karena jerih payah orangtua untuk menghadirkan makanan untuk dikonsumsi di dalam kehidupan keluarga tidak bisa dianggap sepele.

Program eskul ini, bebernya, tidak lepas dari dukungan Putera Sampoerna Foundation– School Development Outreach (PSF – SDO) dan PT. HM Sampoerna Tbk. Perusahaan ini dianggap memiliki andil dalam mendorong pertumbuhan keterampilan anak didik. (cr-rie)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid