SDN 2 Montong Baan Gelar Community Services

SIBUK: Murid-murid SDN 2 Montong Baan terlihat sibuk memunguti sampah dalam program pelayanan masyarakat (NASRI/RADAR LOMBOK)

SELONG–Murid SDN 2 Montong Baan, Kecamatan Sikur, Kabupaten Lombok Timur menyelenggarakan kegiatan pelayanan masyarakat (community services). Program ini terselenggara atas dukungan Putera Sampoerna Foundation – School Development Outreach (PSF – SDO) dan PT. HM Sampoerna Tbk melalui program Sampoerna untuk Indonesia.

Kepala SDN 2 Montong Baan, Makmun mengatakan, kegiatan ini sudah berlangsung dua bulan berjalan. Dimana setiap hari Minggu murid-murid sekolah ini mengikuti kegiatan tersebut.

“Dengan peralatan sederhana, mereka membantu membersihkan jalan-jalan kampung, pos ronda, dan juga masjid. Mereka sangat bersemangat dan gembira,” ungkapnya, Jumat (21/10).

Dikatakan, program pelayanan masyarakat diinisiasi pihak sekolah untuk melatih anak-anak agar peka terhadap lingkungan sekitar. Mereka diharapkan dapat berkontribusi menjadi bagian dari solusi atas masalah yang ada di sekitar mereka.

Di sisi lain, ungkapnya, sekolah menyadari bahwa pendidikan tidak bisa berdiri sendiri. Kolaborasi dibutuhkan dengan segenap stakeholder, termasuk warga sekitar sekolah. Kegiatan pelayanan masyarakat ini tidak lain adalah bagian dari upaya untuk mendidik murid secara utuh.

Program ini, jelasnya, adalah usaha melatih kepekaan anak-anak untuk berbagi dengan sekitar. Selama kegiatan, murid-murid sekolah itu mefrasa sangat senang.

Program pelayanan masyarakat ini, bebernya, merupakan bagian dari pendidikan karakter. Mendidik karakter tidak cukup dengan pembelajaran di kelas. Kegiatan berbagi, membaur bersama warga masyarakat disebutnya menjadi hal positif untuk membangun karakter. (cr-rie)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid