SDN 1 Labuapi Terapkan Ujicoba Online

SDN 1 Labuapi Terapkan Ujicoba Online
UJICOBA: Sejumlah murid SDN 1 Labuapi terlihat menikmati ujicoba menggunakan sistem online, Selasa kemarin (6/2). (NASRI/RADAR LOMBOK)

GIRI MENANG — SDN 1 Labuapi Lombok Bara tercatat sebagai sekolah percontohan dalam impelementasi teknologi. Salah satu implementasi program ini melalui ujicoba online.

Kepala SDN 1 Labuapi, Sabariah mengatakan, ujicoba berbasis online dilaksanakan pihaknya bukan kali pertama. Tapi ujicoba kali ini terhitung yang keempat kalinya.

“Kita mulai menggunakan ujicoba berbsis online sejak 2014 lalu,” terangnya kepada Radar Lombok, Selasa (6/2).

Dari serangkaian pelaksanaan ujicoba yang digelar pihaknya, dipastikan tidak ada kendala yang cukup berarti. Semua proses berlangsung lancar.

Tahun ini lanjutanya, ada sebanyak 52 murid kelas VI terlibat ujicoba. Dari jumlah peserta yang ikut ujicoba dipastikan tidak ada masalah dengan perangkat teknologi yang digunakan.

Alih-alih kesulitan, lanjutnya, murid dan guru malah merasa terbantu. Mereka mengaku proses ujicoba malah lebih mudah dan sederhana.

BACA JUGA :  INOVASI Bantu Peningkatan Mutu Pendidikan Dasar di NTB

Bukan itu saja manfaat yang dirasakan. Murid-murid sekolah ini bahkan ada yang mengaku lebih santai menggunakan perangkat tersebut. Para anak didik ini tidak ada yag tegang dan grogi.

Melihat kondisi tersebut, Sabariah mengaku tugasnya sebagai kepala sekolah lebih terbantu. Namun di satu sisi, dia mengaku tetap perhatikan kualitas materi yang menjadi bahan ujicoba.

“Pelaksanaannya memang membuat kita jadi enjoy, tapi tetap kita perhatikan kualitas materinya,” lanjut Sabariah. 

Penggunaan sistem online di sekolah ini disebutnya memggunakan aplikasi Edmodo. Semua soal yang ada di aplikasi ini sudah terverifikasi. Praktis, anak didik tinggal membuka aplikasi dengan fasilitas laptop serta jaringan internet di sekolah.

Adapun, bagi siswa yang ingin menggunakan smartphone, pihaknya mengaku, tidak melarang. Asalkan aplikasi Edmodo sudah terinstal denga baik di smartphone yang digunakan. (cr-rie)

loading...