SD Terpencil di Lombok Barat, Akses Sulit, Siswa ke Sekolah dengan Sandal

Personel Polsek Sekotong Lombok Barat mengedukasi para siswa SDN 13 Buwun Mas. (IST/RADAR LOMBOK)

GIRI MENANG–Kapolres Lombok Barat AKBP Wirasto Adi Nugroho melalui Kapolsek Sekotong memberikan perhatian khusus terhadap guru dan siswa di daerah terpencil.

Kapolsek Sekotong Iptu I Kadek Sumerta turun langsung menyambangi guru dan siswa di SDN 13 Buwun Mas, Dusun Panggang, Desa Persiapan Belongas, Kecamatan Sekotong, Lombok Barat, Selasa (22/11/2022).

Untuk ke lokasi SD ini, hanya bisa dengan mengendarai kendaraan roda dua jenis trail.

“Seperti yang kita ketahui bahwa, kondisi akses menuju SDN 13 Buwun Mas masih sulit, terutama pada saat musim hujan,” ungkapnya, Rabu (23/11/2022).

Sehingga pada kesempatan itu pihaknya meninjau langsung bagaimana kiprah para guru dalam memberikan bimbingan pengajaran kepada para siswa di sekolah.

Baca Juga :  Jembatan Putus di Sekotong, Warga Terisolir

“Sehingga selain terkait dengan keamanan dan ketertiban (kamtibmas) di tengah masyarakat, juga membutuhkan kepekaan dan kepedulian terhadap masyarakat. Contohnya juga dalam dunia pendidikan, yang tentunya tetap berhubungan juga dengan kamtibmas,” katanya.

Menurutnya, terlepas dari banyaknya kekurangan, menurutnya semangat para tenaga pendidik dan para siswa di tengah medan yang cukup sulit untuk dilalui.

Dengan kondisi pendidikan di daerah terpencil, yang terletak di dekat pulau terluar NTB ini, tentunya membutuhkan kepedulian dan perhatian semua pihak.

“Kondisi akses masyarakat sudah sangat sulit, sehingga kami dengan segala upaya untuk membantu. Setidaknya memberikan motivasi baik untuk tenaga pengajar maupun anak-anak yang tengah mengenyam pendidikan,” imbuhnya.

Baca Juga :  Tabrakan dengan Taft di Sekotong, Pengendara Vario Asal Pelambek Meninggal Dunia

Pada kesempatan itu, personel Bhabinkamtibmas juga memberikan edukasi kepada para siswa SDN 13 Buwun Mas. Para siswa ini rata-rata ke sekolah tanpa mengenakan sepatu.

“Selain memberikan motivasi, juga memberikan pemahaman bahwa polisi adalah sahabat anak,” imbuhnya.

Kemudian Kapolsek Sekotong menyerahkan sejumlah bingkisan kepada siswa SDN 13 buwun mas yang berprestasi dan dinyatakan kurang mampu.

“Intinya adalah untuk memberikan motivasi semangat para tenaga pendidik dalam kiprahnya meningkatkan kualitas pendidikan. Terutama di daerah terpencil dan dalam menyongsong Hari Guru Nasional ke-77,” pungkasnya. (RL)

Komentar Anda