SBY Siapkan Kejutan untuk Menangkan Prabowo-Sandi

SBY saat bertemu dengan Prabowo beberapa waktu lalu. (DERY RIDWANSYAH/JAWAPOS.COM)
SBY saat bertemu dengan Prabowo beberapa waktu lalu. (DERY RIDWANSYAH/JAWAPOS.COM)

JAKARTA — Ketua Umum Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dipastikan akan langsung menjadi mentor bagi pasangan Prabowo-Sandi dalam menghadapi debat perdana Pilpres. Sejumlah kejutan pun akan disiapkan oleh koalisi 02.

Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional Prabowo-Sandi, Ferdinand Hutahaean mengatakan, koalisinya akan menyiapkan banyak kejutan. Bahkan mereka berniat membuat pasangan Jokowi-Ma’ruf mati kutu dalam debat perdana. “Kita akan menyiapkan banyak kejutan bukan hanya satu, dua kejutan, banyak sekali kejutan yang kita siapkan,” ujar Ferdinand saat dihubungi JawaPos.com, Selasa (1/1).

“Nanti kita akan buat pasangan 01, Jokowi-Ma’ruf akan sibuk menjawab dirinya dan pertanyaannya menjawab janjinya,” imbuhnya.

Kejutan ini sendiri akan meliputi terkait materi debat. Menurut Ferdinand, pasangan 01 banyak memiliki kecacatan dalam hal pemenuhan janji saat maju di Pilpres 2014. Hal itu pula yang nantinya akan diekploitas oleh kubu 02.

BACA JUGA: NasDem Tetap Yakin Dulang Suara NW

“Ruang gerak Capres 01 ini kan sudah nggak banyak yah. Mengingat 2014 lalu saja janjinya masih banyak belum terpenuhi, jadi ruang untuk janjinya sekarang itu tidak banyak,” sambungnya.

Di sisi lain, Ferdinand mangatakan, kubunya sudah paham betul terhadap materi-materi debat yang akan dibawa oleh kubu Jokowi-Ma’ruf. Sehingga kubu 02 pun sudah menyiapkan berbagai cara untuk menghadapinya.

“Kita sampaikan karena kita sudah menginventarisir mereka (kubu 01, Red) akan serang ke kita dan mereka jadikan materi kita sudah paham lah. Sudah ngerti betul,” pungkasnya.

Ferdinand yakin betul dengan persiapan yang begitu matang dan dimentori langsung oleh SBY, pasangan Prabowo-Sandi bakal moncer didebat perdana. Bahkan bakal menyapu bersih kemenangan di empat debat Capres yang sudah ditetapkan KPU.

Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional Prabowo-Sandi, Andre Rosiade mengatakan, sampai dengan saat ini SBY belum memberikan wejangan khusus kepada pasangan nomor urut 02. Hal itu dikarenakan saat pertemuan awal baru sebatas membicarakan strategi yang akan ditempuh, belum membahas materi debat. “Belum (ada wejangan khusus dari SBY ke Prabowo, Red). Kemarin kan baru diskusi awal. Tapi saat itu menyampaikan ini-ini yang akan dibahas,” ujar Andre saat dihubungi JawaPos.com, Selasa (1/1).

Terkait adanya instruksi khusus dalam menghadapi debat, Andre memperkirakan akan disampaikan SBY pada rapat di awal Januari ini. Dia menyakini pembicaraan terkait debat pilpres akan dibahas lebih detail. “Minggu-minggu pertama Januari akan ada pertemuan lagi. Ada diskusi lanjutan,” imbuhnya.

Di sisi lain, politikus Partai Gerindra itu menyebut, selain mengandalkan masukan dari SBY, koalisi juga akan membentuk tim khusus yang bertugas membantu kemenangan Prabowo-Sandi di debat. Tim ini akan dibawahi langsung oleh Sudirman Said di Direktorat Konten dan Debat. Serta akan diisi oleh kombinasi koalisi dengan tokoh-tokoh eksternal. “Selain ada diskusi lanjutan akan ada juga tim gabungan yang membantu Pak Prabowo menyiapkan materi debat,” tandas Andre.

BACA JUGA: Tak Maksimal Menangkan Prabowo, Caleg Gerindra Bakal Disanksi

Diketahui, Sudirman Said sendiri bukan orang baru di kancah politik. Dia bahkan pernah menjadi Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) di era awal kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Sementara itu, Koordinator Jubir Prabowo-Sandi, Dahni Anzar Simanjuntak menegaskan, rencananya 4 Januari nanti digelar rapat dengan Pak SBY di rumahnya bersama Badan Pemenangan Nasional (BPN). “Selain soal debat, pertemuan itu juga akan membahas mengenai strategi pemenangan pilpres 2019 di kuartal kedua masa kampanye,” paparnya.

Setelah pertemuan BPN dan mantan menteri, kata Dahnil, SBY juga akan bertemu secara eksklusif dengan Prabowo dan Sandiaga. Namun, Dahnil belum bisa memastikan waktu pertemuan kedua tersebut diselenggarakan. (ce1/rdw/sat/JPC)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid