Satu Rumah di Turide Dilalap Api

MATARAM– Peristiwa kebakaran kembali terjadi di Kota Mataram. Satu rumah di Lingkungan Turide Timur Kelurahan Turide Kecamatan Sandubaya dilalap api kemarin. Rumah ini milik warga bernama Nurdin. Sebelum mobil pemadam tiba, warga berusaha memadamkan api dengan cara manual.

Nurdin sendiri dievakuasi warga keluar rumah. Ia menderita struk. Kepala Lingkungan Turide Timur HM. Damanhuri menuturkan, kejadian kebakaran sekitar pukul 9 pagi. Rumah Nurdin berdekatan dengan kampus Unizar. Kejadian ini membuat warga sekitar panik. “ Saya telpon pemadam kebakaran. Kita turun berusaha memadamkan api dengan manual menggunakan pasir dan air PDAM,” ungkapnya.

Beruntung tidak ada korban jiwa. Pemilik rumah berhasil diselamatkan sebelum api menjalar ke kamarnya. Sekitar 30 menit setelah dihubungi, petugas pemadam kebakaran datang. Sebanyak empat unit mobil pemadam diturunkan dan berhasil memadamkan api.

Kepala Seksi Bimbingan Pelatihan dan Penyuluhan PMK Kota Mataram H. Ahmad Muslehuddin mengatakan, peristiwa tersebut langsung direspon begitu ada laporan masuk.” Petugas langsung turun ke lokasi kebakaran,” katanya.

Medan yang sempit membuat petugas sempat kewalahan. Petugas berhasil memadamkan api selama 20 menit dibantu oleh warga. Rumah ukuran 5×7 meter ludes terbakar. Api diduga berasal dari kamar depan yang dijadikan bengkel.

Kerugian korban ditaksir puluhan juta rupiah. Banyak juga peralatan bengkel yang rusak seperti kompresor dan lain-lain. Dugaan sementara, kebakaran diakibatkan oleh arus pendek listrik.

Personil Polsek Cakranegara melakukan Olah Kejadian Tempat Perkara (TKP) dan memasang garis polisi.(dir)