Satu PTS Belum Tuntaskan Pengembalian Dana Bidikmisi

Adhar Hakim (ABDI ZAELANI/RADAR LOMBOK)

MATARAM – Sampai saat ini, masih ada satu Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang belum sepenuhnya mengembalikan uang mahasiswa untuk program beasiswa Bidikmisi dari total 4 kampus yang diduga mengambil dana beasiswa bidikmisi tersebut.

“Saat ini proses pengembalian tinggal 1 kampus belum tuntas, karena paling banyak mahasiswanya sebagai penerima. Hingga saat ini masih baru setengahnya yang sudah diberikan. Namun kalau 4 kampus swasta lainnya sudah selesai,” kata Ketua Perwakilan Ombudsman Provinsi NTB, Adhar Hakim kepada wartawan, Rabu (5/1).

Dikatakan, satu kampus swasta yang belum tuntas mengembalikan dana beasiswa Bidikmisi, disebabkan terkendala administrasi, sehingga mereka meminta waktu untuk mengembalikan haknya mahasiswa.

“Kalau kita Ombudsman yang penting kampus swasta tersebut mengembalikan hak mahasiswa. Kemudian membina kampus dan alhamdulillah, mereka berjanji untuk mengembalikan haknya mahasiswa,” terangnya.

BACA JUGA :  SMP IT Dhiaul Fikri Kembangkan Tahfiz

“ Ada  PTS ini baru mengembalikan Rp 1,5 miliar dari total Rp 3 miliar,” sebutnya.

Adhar menyebut, penyaluran dana Bidikmisi di 5 PTS di Pulau Lombok dengan jumlah penerima manfaat sebantak 1.397  mahasiswa.  Sementara besaran kerugikan Rp 9.522.159.500. Adhar memastikan jika Ombdusman NTB tetap monitor untuk PTS yang belum mengembalikan. Bahkan setiap pekan pihaknya mendatangi PTS yang belum menuntaskan pengembalian dana Bidikmisi kepada mahasiswanya, supaya secepatnya menyelesaikan pengembaliannya.

Selain itu, pihaknya juga menggagendakan untuk PTS di Pulau Sumbawa. Proses pengembalian ini sudah berangsur-angsur. Di mana pihak PTS meminta dua tahap, sedangkan tahap pertama ini sedang berproses untuk pengembalian.

‘Kalau 1 PTS mulai dari tahun 2018 itu pemotongannya sekitar Rp 2 juta. Kemudian 2019 dan 2020 itu pemotongannya Rp 1 juta ini yang sedang proses. Sebab jumlah mahasiswanya besar sekitar 200 mahasiswa,” terangnya.

BACA JUGA :  Tinggal 1 PTS Belum Selesai Kembalikan Beasiswa Mahasiswa

Selain itu, pihak Rektorat juga sudah membuat pernyataan untuk menyelesaikan semua pengembalian uang  Bidikmisi mahasiswa. Selain itu, nilainya juga ini besar khsusunya yang belum dikembalikan. Sementara itu, untuk 4 PTS itu juga sudah mengembalikan hak mahasiswa yang dipotong dengan alasan untuk subsidi mahasiswa lain dan sumbangan pembangunan. Selain itu, buku tabungan dan ATM juga sebagian sudah dikembalikan ke mahasiswa yang bersangkutan.

“Semua mahasiswa yang mendapatkan Bidikmisi maupun KIP Kuliah bersyukur dan terharu dengan uang yang sudah diterima dari kampus,” imbuhnya. (adi)