Satu Pegawai KPU Lotim Positif Corona

POSITIF-Aktivitas di kantor KPU Lotim dibatasi setelah salah satu pegawai setempat terkonfirmasi positif Corona. (M.Gazali/Radar Lombok)

SELONG – Kasus Corona di lingkup perkantoran kembali terjadi. Kali ini seorang pegawai Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lotim dinyatakan positif Covid-19. Sesuai prosedur, selama beberapa hari kedepan aktivitas para pegawai di kantor KPU setempat dikurangi.

Pegawai KPU yang terkonfirmasi positif ini berinisial RI (perempuan). Yang bersangkutan dinyatakan positif  berdasarkan hasil swab yang telah keluar, Rabu (16/12).  Pegawai yang positif ini telah mendapatkan penanganan sesuai standar protokol. “Benar salah satu pegawai kita ada yang terkonformasi positif,” kata ketua KPU Lotim, M. Junaidi, kemarin.

Ia menambahkan, sebelumnya KPU telah melakukan swab untuk memastikan apakah semua pegawai dan jajaran komisioner ada yang terpapar atau tidak. Swab telah dilakukan sebanyak tiga kali. Swab pertama dan kedua semuanya dinyatakan negatif. Tapi pada swab ketiga, RI ini dinyatakan positif.” Sebelum hasil swab keluar, di hari Rabu itu saya juga sempat bertemu dengan pegawai yang positif ini. Sejauh ini kita belum tau yang bersangkutan telah kontak dengan siapa,” jelasnya.

Lebih lanjut disampaikan, setelah  salah satu pegawai dinyatakan positif, pihaknya langsung berkoordinasi dengan Satgas Covid-19. Sesuai arahan Satgas, secara internal pihaknya melakukan pencegahan untuk mengantisipasi penyebaran. Pertama, berbagai aktivitas di kantor KPU tidak lagi normal seperti biasa atau dilakukan pembatasan. Yaitu ada yang bekerja dari rumah sebagian lagi di kantor. Kemudian melakukan penyemprotan cairan disinfektan di semua ruangan terutama di ruang kerja pegawai yang positif.” Pola kerja kita ubah untuk menghindari kerumunan. Semua prosedur penanganan pencegahan kita serahkan sepenuhnya ke Satgas Gugus Tugas,” imbuhnya.

Sementara terkait tracing lanjutan setelah pegawainya  terkonfirmasi positif diakui masih belum dilakukan. Tapi jika Gugus Tugas ingin kembali melakukan rapid test maupun swab terhadap semua pegawai yang di KPU, pihaknya pasti akan mendukung.” Kita masih tunggu arahan dari Gugus Tugas,” singkatnya.

Sementara itu Sekretaris Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Lotim,  Budiman Satriadi, ketika dikonfirmasi melalui pesan WA terkait salah satu pegawai KPU yang terkonfirmasi positif ini belum ada tanggapan.(lie)