Satu Jemaah Haji Lotim Hilang

Ilustrasi Haji
Ilustrasi

SELONG – Jemaah haji asal Lombok Timur tiba di Bandara Internasional Lombok (BIL) kemarin. Dari total jemaah, satu yang tidak ikut kembali. Ia adalah Syamsul Rizal, jemaah asal Kecamatan Sakra. Ia tergabung dalam kloter dua. Ia tidak ikut pulang bersama jemaah haji lainnya.

Kepala Kementerian Agama Lombok Timur H. Azharudin membenarkan satu jemaah yang tidak ikut pulang karena tiba-tiba menghilang sewaktu tiba jadwal naik pesawat tiba tanah suci. Pihak Kemenag hingga saat ini belum mengetahui keberadaan Syamsul Rizal. Saat bersiap pulang kampung, ketua Kloter sudah berusaha mencari yang bersangkutan, namun tidak berhasil menemukannya.” Berdasarkan laporan yang kami terima,yang bersangkutan hilang dari hotel, dan hingga saat ini belum ditemukan,” katanya ke Radar Lombok, Kamis (30/8).

Rombongan jemaah haji sudah sampai rumah kemarin. Jumlahnya 455 orang minus yang bersangkutan. Masih berdasarkan keterangan ketua Kloter yang diterima Kemenag, saat hendak pulang Rizal ikut berkemas-kemas, namun tidak ikut rombongan. Semua barang-barangnya yang ada dihotel sudah dibawa pergi. Tindakan Rizal membingungkan. “Kalau melihat dari gerak – geriknya sewaktu di Mekkah, sepertinya yang bersangkutan memang berniat menetap di sana,”tebaknya.

Berdasarkan informasi, di samping Rizal melaksanakan ibadah haji, ia juga sambilan mencari uang dengan menjadi buruh karena sering ditemukan sedang memberikan jasa mendorong kereta jemaah haji. “Karena upah satu kali dorong kereta ini informasinya 400 real, jadi kemungkinan jemaah ini ingin menetap,” paparnya. 

Pihaknya sudah meminta bantuan instansi terkait untuk melacak keberadaan Rizal agar secepatnya bisa ditemukan. Masalahnya saat rombongan haji tiba di Lombok Timur, tidak ada keluarga Rizal yang datang menjemput.

1
2
Bagaimana reaksi anda ?
  • Suka
  • Terhibur
  • Sedih
  • Marah
  • Bosan
  • Takut